Fisik Rumah Godang Teluk Kuantan Lengkap, BPAKT Fokus Pemberdayaan

Fisik Rumah Godang Teluk Kuantan Lengkap, BPAKT Fokus Pemberdayaan
Beberapa bangunan di komplek rumah godang Teluk Kuantan. ( isa )

 

TELUK KUANTAN - Sarana dan prasarana fisik komplek rumah godang Kenegerian Teluk Kuantan dikawasan Karak desa Pulau Aro boleh dikata sudah lengkap. Badan Pemberdayaan Adat Kenegerian Teluk Kuantan ( BPAKT ) kedepan nya fokus untuk melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan adat dan sosial  di komplek rumah godang tersebut.
Hal ini dikatakan Ketua BPAKT, Drs H Chaidir Arifin belum lama ini. Untuk tahun 2013 ini ujarnya, ada dua pekerjaan, pertama pembangunan pagar dan lanjutan pengaspalan dijalan utama menuju kompleks rumah godang ini, dan dilanjutkan dengan jalan semenisasi menuju pintu gerbang kompleks rumah godang.
" Untuk tahap pertama, jalan aspal sudah dilakukan dari wisma Hasanah sepanjang 200 meter, tahun 2013 ini kabarnya juga akan dilakukan lanjutan pengaspalan hingga ke jembatan Pulau Bungin yang melewati jalan masuk ke kompleks rumah godang,'ujar mantan Asisten I Setda Kuansing tersebut.
Jika jalan aspal diruas jalan utama sudah selesai uajrnya, maka pihaknya akan melanjutkan usaha agar jalan masuk ( arteri ) dilakukan peningkatan dengan semenisasi. " Kita menginginkan jalan semenisasi yang besar sehingga baik dan mudah dirawat secara swadaya jika terjadi kerusakan, apalai jika pagar juga sudah selesai dibangun nantinya,"ujarnya.
Sementara itu ujarnya untuk bangunan kompleks utama yakni rumah godang sendiri juga sudah selesai dibanguna secara bertahap dalam beberapa tahun belakangan.  Bangunan yang ada sudah cukp representatif untuk tempat pelaksanaan berbagai kegiatan dan acara adat yang akan diselenggarakan.
Oleh sebab itu ujarnya, kedepan BPAKT akan fokus melakukan kegiatan pemberdayaan, baik pelatihan, sosialisasi dan acara-acara adat lainnya di kompleks rumah godang tersebut. Karena pada dasarnya pembangunan kompleks rumah godang tersebut sebagai pusat kegiatan pemberdayaan dan pelestarian adat khususnya di masyarakat adat Kenegerian Teluk Kuantan.( isa  )


 

Berita Lainnya

Index