Baru Terbentuk, 11 Kecamatan Gabung Forum Osis Kuansing

Baru Terbentuk, 11 Kecamatan Gabung Forum Osis Kuansing
Kepala Sekolah SMK N 1 Teluk Kuantan Melantik Anggota Baru Forum Osis Kuantan Singingi ( FOKSI ) di

 

TELUKKUANTAN - Semangat berorganisasi kian membara di tubuh generasi muda Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Buktinya, walaupun masih bersekolah, para pelajar yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) membentuk Forum Osis Kuantan Singingi yang disingkat Foksi.

Foksi secara resmi dikukuhkan pada 5 Februari 2016 oleh Dinas Pendidikan Kuansing di Aula SMKN 2 Telukkuantan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disdik Kuansing yang diwakili Yulianto mengapresiasi semangat para pelajar dalam berorganisasi. Terobosan baru tersebut diharapkan mampu menamung kreativitas pelajar.

Organisasi Foksi bertujuan untuk menjalin hubungan silaturrahmi antar sekolah dan pengurus Osis yeng tergabung, memunculkan aktivitas, kretivitas dan inovasi-inovasi baru dari generasi muda, mengatasi kenakalan pelajar.

Pada awal berdiri, Foksi beranggotakan 8 sekolah yang tergabung dalam 3 kecamatan, yakni Kuantan Tengah, Benai dan Sentajo Raya. Adapun sekolah yang bergabung yaitu SMKN 1 Teluk Kuantan, SMK N 2 Teluk Kuantan, SMKN 3 Teluk Kuantan, MAN Teluk Kuantan, SMAN 2 Teluk Kuantan, SMKN 1 Benai, SMAN 1 Benai, SMAN 2 Sentajo Raya.

Pada 13 MEI 206, diadakan acara penggabungan anggota baru yang terdiri dari 9 sekolah dari 8 kecamatan. Sekolah baru bergabung dalam Foksi yakni SMAN 1 Cerenti ,SMKN 1 Cerenti, SMAN 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Hilir Sebrang, SMAN 1 Inuman, SMAN 1 Kuantan Mudik, SMAN 1 Hulu Kuantan, SMAN 1 Singingi, SMAN 1 Singingi Hilir.

Dengan demikian, sudah ada 17 Sekolah yang menckup 11 kecamatan bergabung dengan Foiksi.

Menurut Ratul Huzzah, selaku Ketua Umum Foksi didampingi Zaki Alfadli selaku wakilnya, mengingat luasnya wilayah Kuansing, maka dibagi per rayon. Dimana, rayon wilaya hulu dikoordinatori oleh Andika Febrian dari SMAN 1 Kuantan Mudik. Untuk wilayah hilir dengan koordinator Rengki, siswa SMAN 1 Kuantan Hilir, koordinator wilayah tengah Hizral Naim dari SMAN 1 Benai dan wilayah Singingi Yoga dari SMAN 1 Singingi.

"Alhamdulillah, kita sudah melaksanakan pertandingan kompetisi perdana, dimana ada enam cabang lomba, diantaranya voly ball, tenis meja, takraw, badminton, desain poster dan puisi," ujar siswa SMKN 2 Telukkuantan ini, Senin (16/5/2016) siang di Telukkuantan.

Sesuai dengan hasil musyawarah kepala sekolah, lanjut Ratul, Lukman Efendi ditunjuk sebagai Ketua Pembina Foksi. Ia merupakan guru pembina di SMKN 2 Telukkuantan.(ada)

Berita Lainnya

Index