Bupati Minta Pusat Atas Harga Karet dan Sawit yang Lagi Merosot

Bupati Minta Pusat Atas Harga Karet dan Sawit yang Lagi Merosot
Bupati Kuansing H Sukarmis. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat di daerahnya yang terpuruk akibat jatuhnya harga karet dan kelapa sawit belakangan ini. Apalagi dua sektor tersebut menjadi tulang punggung dan mata pencaharian sebagiab besar masyarakat Kuansing.

Oleh sebab itu dirinya minta pemerintah pusat membantu mencari solusi mengangkat harga dua komoditi ini.Misalnya dengan mengundang investor menanamkan investasi disektor hilir yang bahan bakunya karet dan kelapa sawit di Kuansing.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sukarmis saat berjumpa dengan rombongan Dewan Ketahanan Nasional ( Wantas ) yang berkunjung ke Kuansing, Jumat ( 28/1/2016 ) pekan lalu.

Menurut Sukarmis kepada rombongan Wantanas, jatuhnya harga dua komoditi perkebunan ini benar-benar berdampak luas kepada masyarakat dan perekonomian masyarakat termasuk ke pedagang, karena pasar dan jual beli menjadi lesu.

Ditambahkan Sukarmis sudahlah harga nya jatuh khusus untuk karet, musim penghujan yang sudah tiba juga membuat produksi karet petani tidak bisa banyak. " Sebab musim hujan membuat petani tidak bisa menderas karet dikebun masing-masing,"ujarnya.

Disamping mencari solusi mengangkat harga kaet dan kelapa sawit, Sukarmis juga minta pemerintah pusat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mendorong tumbuhnya industri hilir yang bahan bakunya dari karety dan kepala sawit.

" Kuansing sangat terbuka dengan investor apalagi berdampak positif bagi masyarakat,"tutupnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index