Ahdanan Saleh, S.Ag, M.Ag. ( isa )

Akhir Desember, Panwaslu Kecamatan Direkrut

Jumat,06 Desember 2012 - 06:20:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Panwaslu Kabupaten Kuansing menargetkan akhir bulan Desember mendatang, tahapan seleksi penerimaan Panwaslu Kecamatan sudah dapat dilaksanakan dan dituntaskan. Panwaslu Kecamatan selanjutnya akan merekrut pengawas lapangan ( tingkat desa ).

“ Kita jadwalkan rekrutmen anggota Panwaslu Kecamatan akhir Desember ini,”ujar Ketua Panwaslu Kuansing, Ahdanan Saleh, S.Ag, M.Ag, Kamis ( 6/12 ) siang.

Untuk itu disamping mengawasi verifikasi faktual tahap II Parpol peserta Pemilu Legislatif 2014 mendatang, Panwaslu Kabuapten ujar Ahdanan juga tengah mempersiapkan perencanaan dan jadwal rekrutmen Panwaslu Kecamatan.

“ Kalau untuk Panwaslu Kecamatan akan Kita rerkut sebanyak 45 orang, karena masing-masing kecamatan akan ada 3 orang anggota Panwaslu,”ujar pria yang sehari-hari juga menjadi staf pengajar di Kampus STAI Kuansing itu.

Dirinya berharap secepatnya  Panwaslu Kecamatan dapat segera terbentuk. Karena tugas-tugas pengawasan baik Pilgubri dan Pemilu Legislatif banyak berada ditingkat kecamatan dan desa karena berada langsung di lapangan. “ Apalagi tahapanPmeilu Legislatif sudah masuk seperti verifikasi Parpol dan Pilgubri juga akan masuk,”ujar Ahdanan.

KPUD dalam melakukan verifikasi faktual ujarnya tentu membutuhkan pendampingan dari Panwaslu, begitu juga dengan Parpol yang merasa dirugikan akibat kebijakan verifikasi factual.

Disamping itu dengan terbentuknya Panwaslu Kecamatan, lanjutnya juga akan mempercepat pembentukan pengawas lapangan ditingkat desa. Karena tugas pengawasl lapangan juga banyak. Mengenai jumlah pengawas Pemilu tingkat desa, menurutnya akan disesuaikan dnegan jumlah TPS.

“ Aturan baru memang demikian, di suatu desa bias sampai 3 jumlah anggota pengawas Pemilu lapangan tergantung jumlah TPS,”pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT