ilustrasi. ( ktc )

Pekab Diminta Droping Warga Yang Mulai Kesulitan Air Bersih

Minggu,09 Agustus 2015 - 03:30:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Sebagian warga Teluk Kuantan khususnya dan Kuansing umumnya terutama yang tinggal di dataran tinggi mulai kesulitan air bersih. Pasalnya stok air sumur mereka sudah banyak yang kering dan sangat menipis.

Mengingat kondisi pasokan air bersih warga saat ini cukup terganggu, Pemkab melalui dinas cipta karya dan tata ruang ( CKTR ) Kuansing diminta mulai menjalana droping air bersih untuk warga yang sangat kesulitan air bersih seperti dikawasan kelurahan Sungai Jering, desa Beringin Teluk Kuantan.

Pasalnya warga sudah mulai membeli air bersih untuk mencukup kebutuhan mereka, karena pasokan air bersih tidak dapat diharapkan dari sumur milik mereka masing-masing akibat sudah kering.

" Lumayan berat juga membeli air, satu galon lima ribu, untuk mengisi bak mandi setidak perlu 15 galon per har, itupun dengan pemakaian yang sangat irit untukMCK, dan memasak,"ujar Susi warga kelurahan Sungai Jering.

Menurutnya selain membeli, mereka juga memanfaatkan sumur-sumur di tempat umum seperti surau, musholah dan mesjid yang memiki sumur arthesis. " Tetapi yang mengambil juga banyak, kadang segan juga,"ujarnya.

Menanggapi hal ini, ketua Lembaga Peduli Kuansing berharap armada PAM Kuansing dan Damkar mendistribusikan air bersih kepada warga yang sudah mulai kesulitan. " Tidak gratis tentunya, namun dapat dijangkau oleh warga, kalau mahal warga juga kesulitan karena kebutuhan air rumah tangga setiap hari sangat besar,"ujarnya.

" Untuk jadwal distribusi air mungkin pagi atau sore hari dititik yang telah ditentukan, pasti sangat dinantikan warga,"ujarnya.

Disamping itu Ilyas minta Pemda dan Polres harus tegas mengghentikan aktifitas PETI di kawasan sungai Kuantan. Pasalnya saat sumur warga mulai kering, sebagian besar warga melaksanakan kegiatan MCK di sungai termasuk sungai Kuantan.

" Kalau sungai Kuantan keruh bagaimana warga menggunakannya, kasian warga,"kata Ilyas. ( isa )

 

 

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT