Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Kuansing Rekrut PPK dan PPS

Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Kuansing Rekrut PPK dan PPS
Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH. ( ktc )

TELUK KUANTAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi saat ini telah melakukan tahapan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kuansing yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang.

"Kuansing termasuk salah satu Kabupaten dan kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahap pertama pada 9 Desember 2015 mendatang, untuk itu saat ini kita sudah mulai melaksanakan tahapan yang telah ditetapkan,"ujar Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH saat ditemui, Rabu (22/4/2015) siang di ruang kerjanya.

Untuk tahap awal kata Firdaus, pihaknya melakukan perekrutan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 15 Kecamatan di Kuansing dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 229 Desa di Kuansing.

"Tahap awal kita melakukan rekrutmen PPK dan PPS. Untuk PPK, kita sudah umumkan sejak 19 April kemaren melalui kantor camat masing-masing. Pendaftaran dimulai tanggal 22 April (hari ini-red) dan berakhir 26 April,"terang Firdaus.

Setelah masa pendaftaran berakhir kata Firdaus , kemudian dilakukan verifikasi administrasi."Bagi yang lulus administrasi, para pendaftar akan menjalani tes tertulis dan wawancara,"sambungnya.

Sedangkan untuk PPS, perekrutannya akan dilaksanakan pada 4 Mei mendatang."Untuk PPS kita akan minta usulan dari masing-masing desa melalui Kadesnya. Kita minta beberapa nama yang diusulkan, kemudian nanti kita seleksi. Untuk PPS seleksinya hanya tes wawancara saja, tidak ada tes tertulis,"ujarnya.

Untuk PPK kata Firdaus masing-masing berjumlah 5 orang, sedangkan PPS berjumlah 3 orang. Untuk persyaratan menjadi PPK dan PPS sebutnya boleh dari semua kalangan termasuk Pegawai negeri sipil, dan yang terpenting tidak dari partai politik atau tercatat sebagai tim sukses.

"Sesuai jadwal, tanggal 18 Mei PPK dan PPS sudah terbentuk dan dilantik, sehingga mereka pada Juni nanti sudah bisa melaksanakan tehapan berikutnya yaitu melakukan verifikasi terhadap calon perseorangan jika memang ada,"ujarnya lagi.

Kemudian pada bulan Juni ini, juga akan dilaksanakan pemutahiran data calon pemilih. Sementara untuk pendaftaran calon kata Firdaus akan dilaksanakan pada 26-28 Juli mendatang.(Utr)

Berita Lainnya

Index