Puting Beliung Robohkan Satu Rumah di Desa Sumber Datar, Satu Kubah Mesjid Rusak

Puting Beliung Robohkan Satu Rumah di Desa Sumber Datar, Satu Kubah Mesjid Rusak
Salah satu rumah korban terjangan puting beliung di desa Sumber Datar kecamatan Singingi. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Angin puting beliung terjang desa Sumber Datar kecamatan Singingi, akibatnya satu rumah roboh dan rusak berat, satu kubah mesjid rusak, 50 rumah rusak sedang dan ringan serta puluhan pohon tumbang.
Dari informasi yang dikumpulkan dilapangan, angin puting beliung terjadi Selasa ( 21/4/2015) sekitar pukul 16.00 WIB sore. Angin yang deras dan meliuk-liuk tersebut menurut pengakuan Nanang salah  seorang warga setempat, membuat warga ketakutan dan cemas.
" Angin deras sekali bang, berpusar-pusar dan yang dilewatinya rusak, baik tanaman, rumah warga dan mesjid,"ujarnya.
Menurutnya, pohon-pohon karet warga, tanaman muda seperti pepaya, jagung dan ubi banyak yang tumbang. " Saat kejadian warga yang rumahnya rusak diantam puting beliung langsung melarikan diri ke tempat yang aman,"ujarnya.
Usai kejadian puting beliun tuturnya, pohon-pohon karet yang tumbang ke jalan dibersihkan warga, begitu juga dengan atap seng warga yang rusak langsung dikumpulkan warga. " Malam harinya warga menginap ke rumah saudara yang aman untuk menghindari terulangnya amukan puting beliung,"paparnya yang juga salah seorang pengurus RT di jalur V desa Sumber Datar.
Pantauan wartawan dilapangan, lokasi-lokasi didesa tersebut yang diterjang puting beliung memang terlihat pohon-pohon karet banyak yang tumbang, tanaman muda warga banyak yang juga tumbang. Sebagian besar rumah warga atapnya sudah rusak dihantam puting beliung. Warga yang rumahnya terkena. sibuk memperbaiki atap rumah mereka yang rata-rata merenggang akibat terjangan puting beliung.
Sementara itu Camat Singingi, Asmari, S.Sos yang dikonfirmasi Rabu sore mengatakan, akibat kejadian ini satu rumah rusak berat dan roboh ditimpa pohon kelapa. " Rusak berat rumah warga yang tertimpa pohon kelapa, pemiliknya atas nama Parnen,"ujarnya.
Disamping itu, satu kubah mesjid yang kecil juga rusak diterjang puting beliung. " Kan mesjid ada satu kubah besar, dan empat kubah kecil, satu kubah kecil rusak berat di mesjid Nurul Amin,"ujarnya.
" Kalau untuk rumah warga yang terkena dampak sekitar 50 unit rumah yang alami kerusakan kecil dibagian atap, rata-rata memerlukan perbaikan kalau tidak hujan menetes karena sudah merenggang,"ujarnya.

Untuk tanaman seperti karet ujarnya cukup banyak yang tumbang dan tanaman kebun masyarakat. " Tetapi untuk tidak ada korban jiwa, dan akan Kita laporkan segera ke Pemkab Kuansing,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index