Areal persawahan di Kuansing. ( ktc )

Kuansing Peroleh Bantuan Pengembangan Persawahan Seribu Ha Pola GPTT dari Pusat

Kamis,03 Desember 2014 - 03:43:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) pada tahun anggaran 2015 mendatang, akan memperoleh bantuan pengembangan areal persawahan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) seluas 1.000 hektar melalui pola Gerakan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPTT).

 “ GPTT merupakan pengganti pola Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT), yang selama ini dilaksanakan diseluruh Indonesia termasuk Kabupaten Kuantan Singingi,” ujar  Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi, Ir. H. Maisir kepada wartawan  diruang kerjanya, Selasa (2/12/2014 ).

Menurutnya, Pola GPTT ini akan dilaksanakan di tiga Kecamatan, masing-masing Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan Gunung Toar yang merupakan daerah yang berdekatan atau tidak berpisah atau memiliki jarak. Para petani diwajibkan menerapkan pola jajar legowo dalam bercocok tanam.

Melalui program ini sebut Maisir para petani akan menerima benih dan pupuk secara gratis termasuk uang insentif. Untuk satu hectare para petani akan menerima dana Rp . 3 Juta.

 " Untuk pola GPTT ini dana insentip cukup besar yakni Rp. 3 juta per hektar dibandingkan pola SLPTT yang hanya sekitar Rp. 1 juta per hektar,"tambahnya.

Menurut Maisir, pola GPTT memiliki keuntungan dan kelebihan bila dibandingkan. Pada  GPTT petani mendapat Rp. 3 juta/ hektar sedangkan SLPTT Rp. 1 juta/ hektar.  Dari sisi paket bantuan juga sangat lengkap, dan target peningkatan produksi juga meningkat yakni dari 1/2 ton sampai 1 ton per hektar.

" Kalau untuk tehnis di lapangan tetap sama, karena dilaksanakan oleh kelompok dan begitu juga dengan bantuan ini juga diserahkan kepada masing-masing kelompok,”pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT