Logo Pemilu 2014 . ( isa )

5 Parpol Diprediksi Bersaing Ketat di Dapil I Pada Pemilu 2014

Minggu,10 November 2012 - 12:17:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - 5 Parpol diprediksi bakal bersaing ketat memperebutkan kursi anggota legislatif pada Pemilu 2014 mendatang di daerah pemilihan ( Dapil ) I. Namun sampai saat ini KPUD Kuansing belum nenetapkan kecamatan yang akan bergabung dalam Dapil I , pasca pemekaran Kecamatan Sentajo Raya. Sebelumnya kenegerian Sentajo tergabung dalam Kecamatan Kuantan Tengah di Dapil I. Dapil I disebut sebagai Dail paling keras karena itu kader-kader terbaik Parpol dimajukan di arena ini.

Jika Kecamatan Sentajo Raya nantinya tergabung bersama Kecamatan Benai atau Kecamatan Logas Tanah Darat, maka setidaknya jumlah kursi legislatif yang akan diperebutkan di Dapil I sebanyak 4 kursi. Jika Sentajo Raya masih tergabung setidaknya akan diperebutkan 7 kursi anggota dewan dilihat dari jumlah penduduk yang ada.

Empat Parpol yang akan bersaing ketat tersebut masing-masing Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Partai Gerindra diprediksi sebagai Parpol yang akan mendulang kursi di Dapil I nantinya, diluar Partai Golkar, PPP dan Partai Demokrat yang selama ini selalu menyumbang kursi legislatif bagi mereka.

Keempat Parpol ini memiliki basis yang cukup jelas selama ini. Basis PPP berada di Kenegerian Kopah, Partai Demokrat di Kari, Partai Gerindra di Kenegerian Teluk Kuantan, Partai Golkar di Sentajo. Jika Sentajo tidak tergabung di Dapil I  tetap saja Parpol ini diprediksi bakal meloloskan kadernya di legislatif karena suara pendukungnya yang tersebar merata di tiga kenegerian tersisa seperti Kopah, Teluk Kuantan dan Kari. Jika tergabung dalam Dapil I bisa saja suaranya melonjak dibandingkan pemilu 2009 yang lalu yang meloloskan 2 kursi atau bertahan dengan 2 kursi.

Keempat Parpol tersebut diperkirakan bakal mengajukan Caleg-Caleg yang sangat potensial dan memiliki pengaruh luas ditengah masyarakat, baik mantan pejabat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan anggota dewan yang saat ini duduk di DPRD.

Diluar keempat Parpol ini, kandidat lain yang juga memiliki kans besar lolos sebagai anggota dewan yakni Caleg dari PKPI. PKPI yang juga lolos verifikasi saat ini juga memiliki wakil di DPRD Kuansing yakni Rade. Raden dianggap tetap memiliki jaringan yang cukup luas. Parpol mana yang akan ambil Raden diprediksi memiliki kans pula untuk lolos sebagai anggota dewan.

Disamping itu PBB dan PPKIB juga bakal berpeluang merebut kursi di Dapil I nantinya jika Kecamatan Sentajo Raya masih tergabung dalam Dapil I. Karena dua Parpol ini juga mampu meloloskan kadernya di dewan saat ini yakni Elpius dan Rustam Efendi, S.Sos

Ketua KPUD Kuansing, Firdaus Oemar, SH yang dikonfirmasi, Minggu ( 11/11 ) pagi belum bersedia menjawab kecamatan yang bakal tergabung dalam Dapil I ini. Pasalnya rapat penentuan Dapil baru akan dilaksanakan bulan Desember mendatang.

" Itu belum bisa disebutkan, apakah Dapil I terdiri dari 1 kecamatan atau gabungan belum dapat ditetapkan, tunggu saja nanti hasil rapat bulan Desember,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT