Warga desa Tanjung Pauh kecamatan Singingi Hilir saat demo di PT IIS. ( ktc )

Setelah Berembuk, P T IIS Bersedia Penuhi Tuntutan Warga Desa Tanjung Pauh

Rabu,03 Juni 2014 - 06:16:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - PT Inti Indo Sawit Subur ( IIS ) akhirnya bersedia memenuhi tuntutan warga desa Tanjung Pauh kecamatan Singingi Hilir yang meminta tenaga kerja ( Naker ) lokal dipekerjakan diperusahaan tersebut. Kesediaan perusahaan ini, setelah mediasi antara kedua belah pihak yang dlakukan  Camat Singingi Hilir, Zulkaneri, S.Sos, M.Si dan Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing, H Muharlius, SE yang diwakili Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Drs Samsius.

Media dilaksanakan hari Selasa ( 3/6/2014 ) dari jam 11.00 sampai dengan jam 12.00 WIB di PT. IIS. Selain Camat Singingi dan Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, dalam media ini dari pihak perusahaan diwakili GM PT IIS Sukirman dan Manajer Pabrik Herman Sembiring dan Humas Hasbi, sedangkan dari warga diwakili koordinator aksi Andri. Hadir juga dalam mediasi ini Kapolsek Singingi Hilir AKP Supriyanto, Danramil Singingi Kapten Edi H, Kades Tanjung Pauh Saca, Ketua BPD Tanjung Pauh, ninik mamak dan tokoh masyarakat.

Salah satu butir kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut antara lain, PT IIS bersedia menerima 13 orang dari 42 orang yang telah mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan ini. 13 orang tersebut terutama untuk posisi-posisi non teknis dan non skil. Karena untuk tenaga teknis dan skill harus memiliki persyaratan dan kualifikasi yang ditentukan. Selain itu dalam rekrutmen tenaga kerja oleh PT IIS dimasa mendatang, mereka akan mengutamakan karyawan dan Naker lokal.

Kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut dituangkan dalam bentuk berita acara yang ditanda tangani kedua belah pihak dan disaksikan Camat Singingi, Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja, pihak perusahaan, Kades, Kapolsek dan Danramil.

" Alhamdulillah mediasi berhasil menemukan kesepakatan. Pihak PT IIS bersedia menerima 13 orang dari 42 orang pelamar dari desa Tanjung Pauh sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kita minta warga menjaga perusahaan karena merupakan asset, dan PT IIS juga Kita minta mengutamakan warga tempatan dalam hal rekrutmen Naker dan program CSR tidak hanya sekarang namun juga dimasa yang akan datang,"ujar Camat Singingi Hilir, Zulkaneri usai mediasi kepada wartawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, lebih kurang 50 orang warga desa Tanjung Pauh melakukan demo, Senin ( 2/6/2014 ) lalu  ke PT IIS menuntut 42 orang yang telah menyampaikan lamaran kerja ke perusahaan tersebut diterima. Mereka minta perusahaan komit memberdayakan Naker tempatan. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT