Bupati H Sukarmis, saat memberikan bantuan kepada petani ikan. ( ktc )

30 Poktan Perikanan di Kuansing Bakal Terima Dana APBN Rp 2 M

Selasa,13 Mei 2014 - 05:02:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Melalui dana APBN, dinas perikanan ( Diskan ) Kuansing akan menyalurkan bantuan bagi 30 kelompok tani ( Poktan ) perikanan yang terdapat di daerah ini. 30 Poktan tersebut terdiri dari 26 Poktan budi daya dan 4 Poktan penangkap ikan di perairan umum.
Hal tersebut dikatakan Kadiskan Kuansing, Ir Emmerson kepada wartawan, Jumat ( 9/5 ) pekan lalu diruang kerjanya. " Ini merupakan tugas pembantuan ( TP ) dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI,"ujarnya.
Bantuan yang akan disalurkan tersebut lumayan besar jumlahnya, untuk Poktan budidaya Rp 65 juta per Poktan dan Poktan penangkapan ikan diperairan umum Rp 100 Juta bagi setiap Poktan. " Total dana APBN yang akan disalurkan  mencapai Rp 2 Milyar,"ujarnya.
Untuk Poktan budi daya ujarnya, bantuan yang akan diberikan untuk pakan benih dan pakan pembesaran ikan. Diharapkan dengan bantuan ini, Poktan budi daya semakin berkembang dan eksis kedepannya.
Bantuan untuk Poktan penangkap ikan di perairan umum ujarnya, akan digunakan mereka untuk pembelian perahu, jaring dan alat kelengkapan penangkapan ikan lainnya. " Dengan sarana dan prasarana ini diharapkan mereka semakin berkembang usahanya dengan dukungan peralatan yang makin memadai,"ujarnya.
Yang menarik ujarnya, kehadiran Poktan penangkapan ikan di perairan umum ini karena hasil penelitian ternyata memang keberadaannya cukup banyak dimasyarakat. Mereka mencari ikan di sungai baik sungai kecil dan besar, dana dan rawa.
" Ternyata mereka cukup eksis selama ini dan pekerjaan mereka mampu memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Karena itu mereka juga mendapat perhatian dari pemerintah,"ujarnya.
Mengenai Poktan penerima ujarnya akan diusulkan Diskan Kuansing ke Kementerian Perikanan dan kelautan. Tetapi mereka yang akan diusulkan tentu saja telah memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT