ilustrasi.( isa )

Diskes Kuansing Instruksikan UPTD Pantau Warga Terserang Virus MERS

Sabtu,09 Mei 2014 - 04:23:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Merebaknya kembali sebaran virus Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS Mercy membuat jajaran Dinas Kesehatan ( Diskes ) Kuansing waspada. Diskes telah menginstruksikan unit pelaksana teknis dinas ( UPTD ) seperti Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya untuk memantau warga yang terserang virus Mercy dan melaporkannya ke dinas kesehatan untuk dilakukan penanganan secara komprehensi.

“ Tetapi sampai saat ini , dari laporan terbaru UPTD Kesehatan se-Kuansing belum ada warga Kuansing baik yang pulang umroh yang terkena virus Mercy,”ujar Kadiskes Kuansing, drs Reza Tjahyadi, diruang kerjanya, Jumat ( 9/5/2014 ).

Namun demikian ujarnya, Diskes Kuansing tetap meminta UPTD seperti RSUD, Puskesmas, Poskedes untuk meningkatkan kewaspadaan dini menghindari warga yang terserang virus Mercy. “ Kita minta petugas layanan kesehatan agar pro aktif memantau kesehatan warga Kita yang pulang dari umroh. Karena virus Mercy tertular dari bintang Onta yang banyak hidup di Arab, ini demi kesehatan warga Kuansing Kita sendiri,”ujarnya.

Sebenarnya ujar Reza, pemantauan tidak hanya pada warga yang pulang Umroh saja melainkan yang baru pulang dari Negara-negara Arab yang memiliki binatang Onta. Kalaupun warga yang pulang dari Umroh karena kepergian mereka dan kedatangan mereka terdeteksi dengan baik, walaupunmereka juga melalui pemeriksan kesehatan sebelum berangkat dan hendak pulang.

 Menurutnya, pada prinsipnya virus merscy sama dengan virus flu burung. Pendeirta akan mengalami demam panas yang cukup tinggi. Akibat fatal dari serangan virus ini berupa gagal bernafas yang dapat menimbulkan kematian.

“ Perbedaannya hanya pada medium penularan kalau flu burung melalui burung dan unggas, kalau virus mercy melalui binatang Onta,”ujarnya.

Upaya pencegahan ujarnya memang perlu diwaspadai apalagi jika wada warga Kuansing yang terkena virus ini. Karena virus ini dapat menular melalui udara. “ Kalau ada yang tertular dan warga lain berada dengan yang tertular dalam satu ruangan, bisa terserang virus Mercy melalui pernafasan,”pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT