Kamis 108 Pejabat Dilantik, Dua Kabid di Disdik Dipromosi Menjadi Eselon II

Kamis 108 Pejabat Dilantik, Dua Kabid di Disdik Dipromosi Menjadi Eselon II
Bupati Kuansing H Sukarmis saat melantik pejabat beberapa waktu lalu. ( idi susianto )


TELUK KUANTAN  - Informasi mutasi pejabat yang sempat berhembus sebelumnya akhirnya tiba. Kamis ( 25/4/2014 ), Bupati Kuansing Sukarmis direncanakan melantik 108 orang pejabat eselon di jajaran Pemkab Kuansing. Dari informasi yang dirangkum, dua kepala bidang ( Kabid ) di Dinas Pendidikan bakal dipromosikan menjadi pejabat eselon II yang baru. Sementara dua pejabat eselon II yang sedang menjabat saat ini akan menempati pos baru sebagai staf ahli.

"Ya, besok ( Kamis,red) mereka dilantik, Pak Bupati yang langsung melantiknya," kata Sekda Kuansing, Drs H Muharman MPd yang dikonfirmasi wartawan terkait hal ini, Rabu (23/4/2014) sore.

Namun pada mutasi kali ini, tegas mantan Kepala BKD Kuansing ini tidak ada yang bakal non job alias kehilangan jabatan, baik dilevel pejabat eselon II, III maupun eselon IV. Sebab selain rotasi dan mutasi, pejabat yang dilantik juga akan mengisi sejumlah kekosongan jabatan di semua eselon.

Dari 108 orang pejabat eselon di lingkungan Pemkab Kuansing yang dilantik tersebut, mereka itu terdiri dari 5 orang untuk eselon II, 19 orang untuk eselon III dan 84 orang untuk eselon IV.

Khusus untuk pejabat eselon II, Muharman menjelaskan, bahwa di kalangan pejabat eselon yang ada akan dirotasi dan dimutasi. Misalkan, sebelumnya menjabat kepala dinas atau kepala badan, lalu akan dilantik sebagai staf ahli di jabatan yang tengah lowong. "Tidak ada yang non job, mereka hanya dirotasi dan dimutasi," katanya.

Ditegaskannya lagi, jabatan eselon II yang diisi merupakan jabatan yang kosong, seperti staf ahli pembangunan yang ditinggal oleh Ir H Hardison MP, karena pindah ke Pemprov Riau. "Jadi, ada kepala dinas atau kepala badan yang akan dimutasi untuk mengisi jabatan tersebut atau sebaliknya," jelasnya lagi.

Kemudian, khusus jabatan Camat di lingkungan Pemkab Kuansing, Muharman menegaskan, bahwa ada diantara camat yang akan dilantik itu akan mengisi kekosongan jabatan di eselon III yang ada di jajaran dinas dan badan. Dan ada diantara mereka yang ditarik ke kabupaten.

Selain itu, para pejabat eselon IV di lingkungan Pemkab Kuansing, mulai dari kabupaten hingga ke kecamatan juga akan dirotasi dan dimutasi jabatannya. "Mereka dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan, disamping ada juga diantara mereka yang kita rotasi," katanya lagi.

Sementara itu informasi yang diperoleh, dua Kabid di Dinas Pendidikan Kuansing yang bakal dipromosikan menjadi eselon II tersebut masing-masing Kabid Sarana dan Prasarana, Marwan, S.Pd, MM yang akan dipromosi menjadi Kadis Parbudpora, dan Kabid Pra Sekolah, TK dan SD, Drs Linskar yang bakal dipromosi menjadi Kaban Kesbangpol Kuansing.

Sementara itu Kadis Parbudpora lama, Drs Maifadal Muin disebut-sebut  bakal menggantikan posisi Drs H Sumarli. Sedangkan Sumarli dan Kaban Kesbangpol saat ini Pebrian Swanda, S. Hut bakal menempati jabatan baru sebagai staf ahli Bupati. ( isa )

Berita Lainnya

Index