Presiden SBY dengan Gubri H Anas Ma'amun. ( grc )

SBY: 70 Persen Kebakaran Ladang di Riau Sengaja Dilakukan

Senin,16 Maret 2014 - 08:49:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, upaya yang dilakukan untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kabut asap oleh tim Satgas di Riau sejauh ini baru menyelesaikan sepertiga persoalan.


Meski didukung dengan anggaran besar yang dipasok mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi bahkan Kabupaten/Kota tidak akan menyudahi bencana yang dialami Riau saat ini. Satu-satunya cara, kata SBY, dengan menindak tegas para pembakar lahan tersebut.


"Jika semua terpenuhi dan mendukung, hanya sepertiga persoalan bisa diselesaikan, sementara 70 persen dikerjakan oleh para pembakar lahan. Tidak ada artinya dan sia-sia," kata SBY.


Hal ini disampaikannya pada pertemuan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Kapolda Riau, bupati/walikota, Kapolres, Kapolsek, camat, dan Satgas Karhutla Riau di Ruang Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Minggu (16/3/2014).


"Jika para pembakar lahan ini tetap merdeka, tidak mendapat sanksi yang setimpal dan memberikan efek jera, kebakaran ini akan terus berlangsung setiap tahunnya," tambah SBY.


Artinya, berapa pun anggaran yang disediakan, dan didukung dengan peralatan yang lengkap, kemudian ditangani oleh para pemadam yang handal, tidak akan membuahkan hasil.


"Saya datang ke Riau bukan untuk mencari solusi jangka pendek, tetapi solusi untuk jangka menengah dan panjang. Dan semuanya harus didukung oleh semua lapisan," tegasnya.


Karena dijelaskan SBY, kedatangannya ke Riau kali ini sama saat kedatangannya tahun lalu, yakni menyelesaikan masalah karhutla dan kabut asap di Riau. Namun bedanya, saat itu dengan waktu kurang lebih 10 hari, semua selesai.


"Sementara kali ini terulang lagi. Artinya memang bukan semata-mata karena bencana dengan lahirnya kebakaran sendiri di lahan gambut, tetapi ada unsur kesengajaan dalam musibah ini," paparnya.


SBY menolak tegas jika kebakaran ladang di Riau kali ini semata-mata dikarenakan cuaca yang memicu terjadinya api. "Saya tidak percaya, namun mari kita bekerjasama mencari solusinya. Para pelaku harus ditindak," imbau SBY mengulangi.( sumber : goriau.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Ayu Ting Ting Gugat Cerai Suami?

Kamis,18 September 2013