Membangun Budaya Demokratis Tak Semudah Membalik Telapak Tangan

Membangun Budaya Demokratis Tak Semudah Membalik Telapak Tangan

TELUK KUANTAN - Membangun sistem politik yang demokratis bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Pembangunan politik pada dasarnya memiliki dua dimensi yakni membangun kultur dan struktur politik.


Hal tersebut disampaikan Wabup Drs H Zulkfli saat membuka acara pendidikan politik bagi kader Parpol belum lama ini di Teluk Kuantan. Membangun kultur politik berarti semua fihak berupaya menumbuhkembangkan sikap politik yang demokratis dengan mengedepakan sikap dan tata cara berpolitik yang santun dan bertika sesuai dengan budaya bangsa yang luhur dan menjunjung tinggi nilai etika dan moral.


Sedangkan membangunan struktur politik kata alumni FISIP UNRI itu, berarti semua fihak berupaya mengembangkan kelembagaan politik yang ada agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu Parpol sebagai pilar utama dalam kehidupan berdemokrasi memiliki peran sangat penting dan strategis sehingga upaya peningkatan kualitas  Parpol merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan.
" Tanpa ditunjang oleh Parpol yang berkualitas tentu amat sulit mencapai suasana kehidupan politik yang demokratis tersehut,"ujar mantan Sekda Kuansing ini.


Peningkatan kualitas Parpol lanjutnya, dapat diwujudkan bila Parpol selalu melakukan konsolidasi sebaik-baiknya. Setidaknya semua kepemimpinan disemua tingkatan cukup kuat, struktur organisasinya mantap, kader-kadernya handal dan mekanisme demokrasi dalam tubuh Parpol berjalan dengan baik.


" Secara fungsional Parpol dapat dikatakan meningkat kualitasnya apabila mampu melaksanakan  fungsinya sebagai sarana pendidikan politik, penciptaan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat, penyerap, penghimpun dan penyalur asi\pirasi politik masyarakat, partisipasi politil dan rekrutmen politik. Out come yang diharapkan adalah stabiulitas kehidupan politik dan semakin berkembangnya demokrasi,"pungkasnya. ( ktc1 )

Berita Lainnya

Index