Tahun Ini, Dinas Tanaman Pangan Kuansing Laksanakan Program CSB Seluas 304 Hektar

Tahun Ini, Dinas Tanaman Pangan Kuansing Laksanakan Program CSB Seluas 304 Hektar
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN-Tahun 2014 ini, Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi akan melaksanakan program cetak sawah baru (CSB) seluas 304 hektar dengan sumber dana APBN seluas 289 hektar dan APBD Provinsi Riau seluas 15 hektar.

"Dalam rangka upaya meningkatkan produksi pangan, tahun ini kita kembali akaln melaksanakan program cetak sawah baru. Untuk tahun ini seluas 304 hektar,"ujar Kabid Produksi dinas tanaman pangan Kuansing, Anida Sp saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/3/2014).

Menurut Anida, program CSB tahun 2014 ini akan dilaksanakan di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Pucuk Rantau seluas 259 hektar dan di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang seluas 45 hektar.

"Untuk penentuan lokasi dan penggarapnya kita sudah lakukan verifikasi CPCL (Calon Petani Calon Lokasi), untuk defenitifnya sedang kita lakukan pembahasan,"ujarnya.

Selain CSB, kata Anida, program lainnya yaitu SL-PTT (Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu) seluas 6000 hektar. Untuk program ini kata Anida, pihaknya memiliki pola pendekatan terhadap tiga kawasan yaitu kawasan pertumbuhan 1000 hektar, kawasan pengembangan 1000 hektar dan kawasan pemantapan 4000 hektar.

Untuk lokasinya kata Anida akan tersebar hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kuansing keculi Kecamatan Logas Tanah Darat dan Kecamatan Singingi Hilir."Karena di dua kecamatan ini pertanian padi sawah memang tidak berkembang,"ucapnya.

Khusus untuk program SLPTT ini kata Anida, semua sumber dananya berasal dari APBN.(Utr)

Berita Lainnya

Index