Pengurus Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) Kuansing saat dilantik beberapa waktu lalu. ( ktc )

Kuansing Masih Kekurangan 24 Tenaga Dokter Umum

Senin,10 Februari 2014 - 06:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Dinas kesehatan ( Diskes ) Kuansing mengaku,  saat ini pihaknya masih kekurangan 24 tenaga dokter terutama untuk dokter umum untuk memberi pelayanan kepada seluruh masyarakat.

Hal ini diakui Kadiskes Kuansing, dr Reza Tjahyadi  kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (10/2/2014).

Dari data Diskes Kuansing , ujarnya jumlah dokter umum yang tersebar di 24 Puskesmas saat ini sebanyak 35 orang terdiri dari 13 dokter PNS, 10 dokter kontrak daerah, dan 12 dokter PTT.  Seharusnya, kata Reza, untuk 1 Puskesmas rawat inap terdapat 3 orang dokter, dan untuk Puskesmas rawat jalan 2 dokter.


Sementara saat ini bebernya,  jumlah Puskesmas rawat inap sebanyak 10 buah dan Puskesmas rawat jalan ada 14 buah. " Karena jumlah dokter umum yang ada di puskesmas saat ini masih belum cukup, Kita masih membutuhkan sebanyak 24 dokter umum,"katanya.

Sebenarnya aku  Reza, hampir setiap tahun Diskes Kuansing mengusulkan penambahan jumlah dokter untuk mengasi problema ini. Usulan disampaikan baik ke pemerintahprovinsi hingga ke pemerintah pusat.
“ Apabila ini telah terpenuhi tentunya pelayanan kesehatan di Kuansing akan bertambah baik kedepannya, meskipun saat ini pelayanan tersebut telah berjalan dengan baik,”ujarnya.

Begitu juga pada tahun lalu Diskes Kuansing telah mengusulkan agar tenaga dokter PTT dan kontrak daerah ini telah diusulkan diangkat menjadi CPNS jalur khusus.

"Sudah ada wacana  dokter PTT dan kontrak daerah kita usulkan diangkat menjadi CPNS jalur khusus, yang penampatannya nanti didaerah yang berada cukup jauh dari ibukota kabupaten dan kecamatan,"ujarnya.

Menurutnya, ini dilakukan untuk meningkatkan rasio jumlah dokter umum PNS di Kuansing menjadi bertambah,”pungkasnya.  ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT