Camat Pangean Minta Pemkab Kuansing Bantu 600.000 Bibit Ikan Untuk Warga

Camat Pangean Minta Pemkab Kuansing Bantu 600.000 Bibit Ikan Untuk Warga
Ikan Nila. ( ktc )


PANGEAN  - Camat Pangean, Novrion SSos meminta Pemkab Kuansing membantu bibit ikan sebanyak 600.000 ekor. Bibit ikan tersebut akan dibagikan kepada  120 kepala keluarga (KK) yang ada di empat desa, masing-masing Desa Pasarbaru, Koto, Pulau Tengah dan Pulau Kumpai.

Bantuan yang diminta Camat Pangean tersebut disebabkan kolam ikan milik 120 KK ini mengalami kekeringan pasca diperbaikinya saluran irigasi Pauh Pangean yang mengaliri sawah dan kolam ikan yang ada ke empat desa tersebut.

"Akibat adanya rehab bendungan Pauh Pangean, ada 120 KK yang kolam ikannya tidak bisa difungsikan, karena terkendala air. Makanya, kami mengharapkan kiranya Pemkab Kuansing membantu bibit ikan Nila sebanyak 600 ribu ekor," ujar Novrion SSos dihadapan Bupati Sukarmis dan masyarakat pada pelantikan empat kepala desa di Kecamatan Pangean, Selasa (10/12/2013).

Menurutnya,  120 KK yang berusaha  di sektor perikanan ini, memiliki ketergantungan terhadap saluran irigasi Pauh Pangean. Karena irigasi masih terkendala sejak setahun belakangan, satu-satunya harapan mereka berasal dari bantuan Pemkab Kuansing melalui dinas terkait.

"Bendungan Pauh Pangean sudah hampir rampung. Dan memang sejak dilanda banjir bandang satu tahun lalu, jika bendungan rampung warga ingin kembali memelihara ikan," ujarnyanya lagi.

Dari 600 ribu ikan yang diusulkan ini, masing-masing KK nantinya mendapaptkan sebanyak 5000 ekor.

"Jadi, kami sangat berharap bantuan ini bisa bapak perkenankan, karena memang sangat membantu untuk meningkatkan perekonomian para petani kita itu," katanya lagi.

Menanggapi itu, Bupati H Sukarmis menginstruksikan dinas terkait untuk memprioritaskan aspirasi tersebut, karena dinilainya, petani ikan di empat desa ini sangat berharap akan bantuan tersebut. "Tolong dinas terkait tindaklanjuti usulan ini," katanya.( isa )

Berita Lainnya

Index