Sosialisasikan Tupoksi DPD, Gafar Usman Duduk Bareng Tukang Ojek Teluk Kuantan

Sosialisasikan Tupoksi DPD, Gafar Usman Duduk Bareng  Tukang Ojek  Teluk Kuantan
Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) RI asal Riau, Gaffar Usman. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Walaupun  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sejajar dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, namun belum banyak yang mengetahui tugas pokok dan fungsi lembaga yang sudah berdiri 10 tahun lampu.
Karena itu seluruh anggota DPD berusaha memfamiliarkan DPD mulai dari kalangan pejabat, pengusaha hingga ke masyarakat palin bawah.

Salah satunya dilakukan aggota DPD RI asal Riau, Abdul Gafar Usman. Bahkan Gafar Usman  untuk mensosialisasikan DPD, dirinya tak sungkan-sungkan  berkumpul dengan tukang ojek dalam rangka memperkenalkan lembaga tertinggi negara itu.

Seperti pada hari Kamis (28/11/2103), bertempat di pangkalan ojek Pasar Teluk Kuantan, Gafar Usman terlihat sedang duduk-duduk dan bercengkerama dengan 51 orang tukang ojek di daerah tersebut. "Jangankan tukang ojek, pejabat tinggi setingkat dirjen, ada yang tak tahu apa kepanjangan DPD," ujar Gafar Usman ketika itu.

Sementara itu para tukang ojek di Pasar Taluk Kuantan, memang tak menyangka akan mendapat pencerahan dan sedikit bekal ilmu tata negara dari senator Riau Gafar Usman. Ketika Gafar Usman menyampaikan tugas dan fungsi DPD RI, mereka hanya terlihat termangu saja.

Meski demikian, mereka mengaku sangat senang dapat dikunjungi pejabat negara setingkat DPD. "Belum pernah ada pejabat negara bisa duduk-duduk dengan kami seperti ini," ujar salah seorang tukang ojek waktu itu.

Lebih kurang satu jam Gafar Usman duduk dan bersilaturahmi dengan tukang ojek tersebut. Pada kesempatan itu, Gafar Usman juga mengatakan, keberadaan lembaga DPD RI dalam sistem parlemen kita makin diperhitungkan. Buktinya, belum lama ini Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan kedudukan yang sama antara DPR dan DPD.

"DPD juga ikut membahas undang-undang. Yang belum hanya pengesahan atau ketuk palunya. Itu masih kewenangan DPR," ujar mantan Kakanwil Agama Provinsi Riau itu.

Sebelumnya, keberadaan DPD RI, kata Gafar Usman juga semakin terlihat dengan dituliskannya "DPD" pada komplek perkantoran parlemen di Senayan, Jakarta. "Jika dahulu mereknya hanya 'DPR/MPR RI, sekarang sudah ditambah dengan DPD. Coba buka lembaran uang seratus ribu, disitu ada gambar dan tulisannya," kata Gafar kepada tukang ojek yang terlihat mendengarkan dengan sangat antusias. ( rsa )

Berita Lainnya

Index