Sat Pol PP Kuansing Usulkan Pembangunan Pos Damkar di 2 Kecamatan

Sat Pol PP Kuansing Usulkan Pembangunan Pos Damkar di 2 Kecamatan
Mobil Damkar Pemkab Kuansing

TALUK KUANTAN - Untuk mempercepat penanggulangan peristiwa kebakaran ditengah-tengah masyarakat, tahun 2014 mendatang Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Kuansing yang membawahi armada pemadam kebakaran ( Damkar ) mengusulkan pembangunan pos Damkar di kecamatan.

" Usulan pembangunan pos Damkar di kecamatan ini Kita usulkan dalam APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2014 mendatang," ujar Kepala Satuan Pol PP Kuansing, Erdiansyah melalui Kepala Bidang Damkar, Ir Efrizal, Rabu ( 13/11/2013 ) yang lalu di ruang kerjanya.

Karena berbagai keterbatasan ujarnya, untuk tahap awal pos Damkar yang hendak dibangun itu direncanakan di dua lokasi, masing-masing di Baserah ibukota kecamatan Kuantan Hilir dan di Lubuk Jambi ibukota kecamatan Kuantan Mudik.

Usulan yang disampaikan ke Pemprov Riau tersebut bebernya, berupa pembangunan bangunan fisik, sementara lahan akan disediakan oleh Pemkab Kuansing. Karena untuk lahan dirasakan masih dapat disediakan oleh Pemkab Kuansing.

" Mudah-mudahan usulan dari Kita ini mendapat persetujuan dan dialokasikan dalam APBD Riau tahun 2014 mendatang,'ujarnya.

Karena keberadaan pos Damkar tersebut katanya lagi, memang sangat mendesak, sebab dengan demikian, jika terjadi kebakaran petugas dan peralatan dapat segera sampai ke lokasi kebakaran.

" Kalau sekarang Pos Damkar kan masih di ibukota kabupaten, jika terjadi peristiwa kebakaran dikecamatan, memang cukup lama jaraknya sebelum sampai ke lokasi,'ujar Efrizal.

Satpol PP sendiri kata Efrizal selain keberadaan pos Damkar yang paling penting juga keberadaan sarana dan prasarana seperti mobil Damkar. Karena itu, untuk sementara waktu menunggu penambahan mobil Damkar, jika pembangunan Pos Damkar di kecamatan disetujui Pemprov Riau ditempatkan peralatan pemadan kebakaran sederhana.

" Sebelum ada mobil Damkar, Kita nanti stand by kan alat penyemprotan yang dapat diangkut dengan mobil saat terjadi kebakaran, sebelum armada Damkar sampai ke lokasi, seperti pertolongan pertama lah,'ujarnya. (ultra Sandi)

Berita Lainnya

Index