153 Jemaah Haji Kuansing Kembali ke Kampung Halaman dengan Selamat

153 Jemaah Haji Kuansing Kembali ke Kampung Halaman dengan Selamat
Salah seoranh jemaah haji menangis saat berjumpa kembali dengan keluarga setiba di Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bupati H Sukarmis, Jumat ( 1/11) sore lalu menyambut kedatangan jemaah haji yang baru usai menunaikan serangkaian perjalanan ibadah haji di Mekkah dan Madinah.
Selain Bupati Sukarmis, turut menyambut kedatangan mereka Sekda Drs  H Muharman, M.Pd, Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Azwar, Asisten,Kadis, Kaban, Kepala Satuan, Camat dan Kakan Kemenang Kuansing, H Erizon Efendi dan ribuah sanak keluarga jemaah haji yang baru pulang.
Sebelum digelar acara penyambutan di dalam mesjid Agung Kuansing, saat sirine mobil pengawal empat unit bus yang membawa rombongan jemaah terdengar, para sanak keluarga langsung merengsek maju ke depan mesjid terbesar di Kuansing tersebu.
Mereka ingin melihat dari dekat sanak keluarga mereka yang baru saja tiba dari menunaikan ibadah haji. Tidak hanya keluarga yang menyambut, jemaah haji yang berada didalam bus saat tiba di mesjid agung pun sibuk melambaikan tangan kepada keluarga mereka.
Saat mereka turun sebagian besar keluarga yang menjemput dan jemaah haji sendiri terlihat bersalaman dan berpelukan. Banyak diantara mereka yang mengeluarkan air mata, sebagai ungkapan kebahagian dan masih dapat bertemu kembali seperti sedia kala.
Sementara itu dalam Kakan Kemenang Kuansing, Erizon Efendi melaporkan bahwa dirinya bersyukur karena 153 jemaah haji Kuansing kembali dnegan selama. Menuruntya, jemaah haji Kuansing tergabung dalam kloter 11 bersama Kabupaten  Kampar, Kota Pekanbaru dan Kepulauan Meranti. Jumlah jemaah haji Kloter 11 mencapai 448 orang masing- masing Kuansing 153 orang, Kampar  110 orang,  Kota Pekanbaru 107 orang dan Kepulauan Meranti 85 orang.
" Namun walaupun seluruh jemaah haji asal Kuansing kembali dengan selama, namun salah seorang jemaah haji asal Kampar meninggal dunia di tanah suci Mekkah,"ujarnya.
Erizon juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati  Sukarmis yang telah bersedia membantu biaya perjalanan jemaah dari Teluk Kuantan - Pekanbaru dan sebaliknya. Karena tidak semua daerah melakukan hal tersebut.
Sementara itu salah seorang jemaah haji, Yuardi yang juga kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal ( BPTPM ) Kuansing,  selaku koordinator rombongan dalam sambutannya, mengaku jemaah haji tahun ini mendapatkan banyak kelapangan. Salah satunya pemondokan jemaah yang dekat dengan akses-akses tempat tujuan.Namun demikian dua orang jemaah akibat kelelahan terpaksa menggunakan kursi roda saat menuju pesawat, namun mereka tetap bersama-sama jemaah haji Kuansing lainnya kembali ke kampung halaman.
Sementara itu Bupati Sukarmis dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi jemaah haji asal Kuansing tahun 2013. Ia juga mengaku bahagia karena 153 orang jemaah haji Kuansing kembali ke kampung halaman.
Sukarmis juga meyakni, seluruh jemaah akan menjadi haji yang mabrur, karena tekad untuk pergi haji harus disertai dengan keihlaksan. " Saya harapkan Pak Haji dan Bu Hajjah baru tiba menjadi haji yang mabrur,"ujarnya.
Bupati saat itu juga mengaku tidak ingin banyak memberi sambutan, karena masing-masing jemaah haji tentu sudah ingin sekali kembali ke rumah masing-masing berbagi kebahagiaan dengan sanak dan keluarga.
Dipenghujung acara, seluruh jemaah haji kemudian bersalam-salaman dengan Bupati dan unsur undangan yang hadir dan kemudian kembali ke rumah masing-masing dengan keluarga yang telah menjemput. ( isa  )

Berita Lainnya

Index