ilustrasi. ( ktc )

Pelamar CPNS yang Gagal Banyak Tersandung Faktor Umur dan Kesesuaian Ijazah dengan Formasi

Jumat,10 Oktober 2013 - 06:28:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN -  Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd mengakui cukup banyak pelamar yang tidak lulus seleksi adminitrasi. Dari 4959  pelamar yang mengirimkan lamaran, yang memenuhi persyaratan sebanyak 4022 orang, dengan demikian terdapat 937 orang yang tidak lulus seleksi adminitasi.
" Memang cukup banyak, namun untuk diingat bukan karena kesalahan panitia namun karena kelengkapan persyaratan setelah diteliti ternyata banyak yang tidak memenuhi persyaratan,"ujar Muharman yang ditanya disela-sela hari jadi kecamatan Sentajo Raya yang pertama, Kamis ( 10/10 ) siang.
Kesalahan yang ditemukan BKD ujarnya,  masing-masing umur yang sudah melewati batas usia yang ditentukan 35 tahun, ijazah yang yang tidak sesuai dengan formasi yang diterima, legalisir ijazah dan kartu kuning yang di fhoto copy.
" Banyak nampaknya yang mencoba-coba, mana tahu lulus seleksi adminitrasi, Kita mengerti dengan hal seperti ini, tetapi aturan penerimaan kan jelas dan bukan daerah yang membuat namun pusat,"ujarnya.
Sebab ujarnya setelah mereka lulus baik seleksi adminitrasi maupun test tertulis dan menjadi CPNS, berkas yang mereka kirim sejak awal kembali  diteliti oleh Badan Kepegawaian Nasional ( BKN ).
Dalam penelitian itu, BKN kembali akan memeriksa kelengkapan persyaraan peserta dengan detail, baik umur, kesesuaian ijazah dengan formasi yang diterima, legalisir ijazah dan persyaratan lainnya. Kalau mereka menemukan kembali persyaratan yang tidak lengkap mereka akan  membatalkan walaupun telah lulus adminitrasi maupun test tertulis.
" Jadi pengawasan nanti berlapis,"ujarnya.
Selanjutnya , Kepala BKD Kuansing, Ramli, S.Sos kepada wartawan meralat pemberitaan sebelumnya, bahwa yang mengirimkan lamaran ke BKD sebanyak 4959, namun yang lulus seleksi adminitrasi sebanyak 4022 orang.
Sementara itu, karena pengumuman seleksi adminitrasi dilakukan pada Kamis pukul 12.00 siang, banyak pelamar yang telah mendatangi kantor BKD, kantor Dinas Pendidikan dan kantor Dinas Kesehatan dan kantor Camat di Kuansing kebingungan.

Pasalnya sebagian besar mereka yang telah datang sejak pagi tidak melihat adanya pengumuman. Para peserta kembali bertanya, mengenai kepastian pengumuman. Apalagi sebelumnya pengumuman akan dilakukan pada hari Senin kemudian Rabu dan baru dipastikan pada hari Kamis. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT