BKD Riau Pastikan Master Soal Ujian CPNS Tersimpan Aman

BKD Riau Pastikan Master Soal Ujian CPNS Tersimpan Aman
Ilustrasi. ( ktc )

PEKANBARU - Master soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 telah di distribusikan keseluruh daerah di Indonesia termasuk di Riau. Namun, keberadaan master soal tersebut masih disimpan disatu tempat yang masih dirahasiakan.

Hal ini diakui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Surya Maulana kepada halloriau.com, Rabu (9/10/2013), usai Rapat Koordinasi Pengawasan dan Proses Seleksi CPNS Nasional Tahun 2013, Rabu (9/10 ) di Kantor Gubernur Riau.
 
"Untuk master soal sudah kita jemput ke Kemenpan (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara,red) dan sejak 2 Oktober lalu sudah ada sama kita. Kini master soal itu masih tersimpan utuh disuatu tempat," ujar Surya.

Dijelaskan Surya, master soal tersebut nantinya baru akan dibuka secara resmi pada 19 oktober mendatang. Pembukaan segel master soal ini nantinya akan dilakukan langsung Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Tim Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013.

"Nanti master soal ini akan dibuka secara resmi oleh Lemsaneg dan Panitia Seleksi Nasional disebuah tempat yang kita sediakan nanti,"tukasnya.

Untuk menjaga transparansi, master soal yang berisi materi yang akan diujikan kepada pelamar CPNS juga disaksikan PKP perwakilan Provinsi Riau, Badan Intelijen Negara, ICW, KPK, Ombudsman, Indonesia Kapolda Riau, Perwakilan Pemerintah Provinsi Riau, BKD Kabupaten/Kota serta media.

"Kita sangat terbuka dan ingin proses seleksi penerimaan CPNS di Enam Kabupaten dan Kota di Riau ini berjalan sesuai harapan. Bebas dari kecurangan dan praktek KKN,"tegas Surya.

Setelah master soal ujian nanti dibuka atau dilihat oleh pihak-pihak berkompeten tadi kata Surya, barulah soal ujian ini dicetak sesuai kebutuhan pelamar CPNS. "Setelah master dibuka barulah kita cetak,"ujarnya.

Mengenai pendistribusian soal sendiri katanya, akan diawasi oleh BPKP,Kepolisian dan BIN. " Jadi BKD ini hanya penyelenggara saja, kita menyediakan tempat untuk orang ujian saja, sementara yang mengawasi itulah pihak-pihak independen,"jelas.

Begitu juga dengan materi soal ujian yang akan diujikan kepada pelamar yang lulus administrasi nantinya, dimana soal-soal itu dibuat oleh konsorsium 10 perguruan tinggi di Indonesia.

"Jadi yang buat soal itu 10 konsorsium perguruan tinggi ternama di Indonesia. Ditambah soal dari Kementerian Pendidikan Nasional, Kemenpan, dan BKN yang membuat masternya,"pungkas mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau ini.

Oleh sebab itu, Surya optimis penyelenggaraan seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 ini di Enam Kabupaten/Kota berjalan lebih ketat dan fair. Jika ini berjalan lancar katanya, tentu Riau akan memiliki para abdi negara yang berkualitas.

"Kita berharap kecurangan dan pelanggaran tidak terjadi di seleksi kali ini, karena peluang terjadinya kecurangan sudah kita antisipasi sejak dini,"tuturnya. ( sumber : halloriau.com )

Berita Lainnya

Index