Anggota Polsek Rengat Barat, Brigadir Rio Rumanto ketika meninjau tanki pesawat tempur yang jatuh. (

Tanki Cadangan Pesawat Tempur Jatuh, Masyarakat Sedang Gotong Royong Nyaris Jadi Korban

Sabtu,04 Oktober 2013 - 09:30:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

RENGAT - Masyarakat Dusun Titian Tinggi, esa Sungai Baung, Rengat Barat, Indragiri Hulu dihebohkan dengan jatuhnya tanki cadangan pesawat latih Hawk 200 di daerah mereka. Tanki itu jatuh dekat masyarakat sedang melakukan gotong royong, Jumat, (4/10 ).


Bagian vital pesawat itu, jatuh sekitar pukul 15, 45 wib di kebun karet milik salah seorang masyarakat daerah bernama Eko Suarso. Tanki yang diduga milik pesawat latih TNI AU itu terbelah menjadi dua pecahan, dengan jarak jatuhnya sekitar 500 meter,.


Jamrowi alias Atan (27), saksi mata jatuhnya tangki itu mengatakan, pada saat jatuh, bagian pesawat tersebut melayang di udara, suaranya keras terdengar menderu di udara.


''Ketika kami melihat sumber suara itu, kami dikaget, ternyata sebuah benda jatuh terlihat menuju ke arah kami yang saat itu sedang gotong royong. Melihat itu, kami berhamburan menyelamatkan diri. Karena panik, saya dan beberapa rekan tunggang langgang dan bahkan ada yang jatuh ke semak hingga luka.


Sementara itu, Ipda Aman Aroni, Kanit Reskrim Polsek Rengat Barat saat dijumpai di lokasi menyebutkan, diduga ini tanki cadangan itu milik pesawat latih milik TNI AU. ''Kita mengetahui kejadian ini dari laporan masyarakat yang menyebutkan bahwa ada bangkai pesawat yang jatuh, setelah kita cek, ternyata bukan bangkai pesawat, melainkan tanki cadangan pesawat latih milik TNI AU,'' sebutnya.


Dikatakannya, tanki ini terpecah dua bagian, antara pecahan satu dengan yang lain berjarak sekitar 500 meter yang juga ditengah-tengah kebun karet warga setempat. ''Terkait hal ini, kita dari kepolisian hanya bersifat mengamankan, kita memasang police line,'' sebutnya singkat.

Dibagian terpisah, Bagian penerangan Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru menyatakan pesawat tempur jenis Hawk 200 yang sempat mengalami insiden lepas tanki berhasil selamat dari maut.


"Sekitar pukul 16.00 WIB tadi, pesawat yang sedang latihan tempur itu berhasil mendarat di Skuadron Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Filpadri, di Pekanbaru, Jumat malam (4/10 ).


Ia menjelaskan, tidak ada yang terluka atau meninggal dunia akibat insiden tersebut.


Menurut dia, pilot yang menerbangkan Hawk 200 itu berhasil memarkirkan pesawat dengan baik meski kemungkinan, terjadi kekurangan keseimbangan di udara setelah tanki cadangan terlepas.


Terkait identitas pilot yang membawa pesawat tempur itu, Filpadri masih enggan menjelaskannya. "Mengenai identitas pilot saya belum berani menginformasikannya. Yang jelas, pesawat atau aset berhasil diselematkan. Juga tidak ada korban luka atau meninggal dunia dalam peristiwa ini," katanya. ( sumber : goriau.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT