dokumentasi okezone.com

Rakyat Makin Tak Percaya Anggota DPR

Minggu,29 September 2013 - 04:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA - Citra dan kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 dinilai jeblok berdasarkan survei Institut Riset Indonesia.  
 
Menurut survei Insis, responden yang mejawab citra DPR tidak baik sebanyak 38.5 persen, semakin tidak baik 26,1 persen, baik 29,2 persen, semakin baik 1,9 persen, dan tidak menjawab 4,3 persen.
 
"Bila diagregatkan, maka publik menilai citra DPR tidak baik di atas 50 persen. Ini membahayakan bagi wajah parlemen Indonesia masa kinI dan mendatang," kata peneliti Insis, Mochtar W Oetomo, di Hotel Century, Jakarta Selatan, Minggu (29/9 ).
 
Mochtar menyatakan, 55,3 persen publik menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas dengan kapasitas anggota DPR. Sedangkan 79,5 persen publik tidak puas dan sangat tidak puas dengan moral anggota DPR.
 
"81,4 persen publik menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas terhadap komitmen pemberantasan korupsi. 78,3 persen menyatakan tidak puas dan sangat tidak puas soal kehadiran anggota DPR," ujar Mochtar.
 
Adapun soal kinerja Anggota Dewan, kata Mochtar, 77 persen publik menilai tidak baik dan semakin tidak baik. 48,5 persen tidak puas dan sangat tidak puas terhadap anggota dewan dalam membahas APBN, 59,6 persen tidak puas dan sangat tidak puas dalam kinerja dalam pengawasan Undang-Undang dan APBN.
 
"73,9 persen tidak puas dan sangat tidak puas dalam menyerap keluhan masyarakat, 60,9 persen tidak puas dan sangat tidak puas kinerja DPR dalam memberikan pendapat atau masukan kepada pemerintah," ujar Mochtar.
 
Insis mengkalim survei ini dilakukan pada 17 Agustus hingga 20 September di 34 Provinsi dengan menggunakan metodologi rambang berjenjang. Jumlah responden 1.070 orang, margin of error 3 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.
 
"Pengimpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner," kata Mochtar.( sumber : okezone.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT