Petugas kebersihaan saat mengangkut sampah di Kota Teluk Kuantan. ( ktc )

2014, DPKP Usulkan Alat Pemisah Sampah ke Pusat

Jumat,27 September 2013 - 06:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Dalam rangka meningkatkan kinerja petugas kebersihan mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir ( TPA ), Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan ( DPKP ) Kuansing mengusulkan alat pemisah sampah ke pusat.
" Tahun 2014 Kita harapkan kementrian terkait di pusat dapat merealisasikan usulan Kita tersebut, sehingga membantu petugas kebersihan Kita dalam melaksanakan tugasnya, "ujar Kadis DPKP Kuansing, Jafrinaldi, AP ( 24/9 ) yang lalu.
Jika usulan tersebut terealisasi ujarnya, maka sebelum sampah dari Kota Teluk Kuantan diangkut ke TPA dikawasan desa Beringin Taluk, dilakukan pemisahan terlebih dahulu, antara sampah basah dan sampah kering.
" Lokasinya Kita rencanakan berada di eks kantor Dinas Pasar dibelakang Kantor KPUD lama atau dibelakang RM Simpang Raya Pasar Teluk Kuantan,"ujarnya.
Ia percaya melalui pemisahan terlebih dahulu, tugas untuk mengelola sampah semakin mudah. Dengan demikian saat sampah-sampah tiba di TPA, juga langsung terjadi pemisahan antara sampah basah dan sampah kering.
Jafrinaldi kembali mengajak warga masyarakat untuk membantu petugas kebersihan dalam melaksanakan tugasnya, dengan membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.
Agar warga mudah membuang sampah dan mengefektifkan kerja petugas kebersihan ujarnya, DPKP terus menambah jumlah sarana dan prasaran kebersiha tahun ini. Untuk Teluk Kuantan rencananya  ditambah 150 tong . Selanjutnya tong sampah baru untuk kecamatan sebanyak 410 buah tong sampah.
Disamping itu ujarnya juga ada pembangunan tempat pembuangan sementara sampah ( TPS ) , baik untuk ibukota kabupaten maupun ibukota kecamatan. Untuk ibukota kabupaten rencananya dibangun 10 unit TPS, sedangkan di ibukota kecamatan sebanyak 10 unit.
Untuk menunjang peningkatan kebersihan kota kabupaten dan kecamatan sebutnya, DPKP juga akan menambah sarana dan prasarana pendukung kebersihan salah satunya gerobak sampah. Untuk ibukota kabupaten Teluk Kuantan akan ditambah sebanyak 10 unit, sementara untuk ibukota kecamatan yang ada akan ditambah sebanyak  28 unit. ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Menkeu Minta Daerah Stop Lelang Proyek Dana DAK Fisik

Sabtu,28 Maret 2020
Sosial & Agama

IRT di Beringin Jaya Sentra Tewas Gantung Diri

Minggu,23 April 2017
Sosial & Agama

Kurang Taman dan Air Mancur, Teluk Kuantan Kurang Indah

Minggu,02 November 2014