Toilet Bandara SSK II Terbersih se-Indonesia

Toilet Bandara SSK II Terbersih se-Indonesia
Bandara SSK II Pekanbaru. ( ktc )

PEKANBARU - Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Indonesia memberikan penghargaan kepada Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru karena memiliki toilet paling bersih dari seluruh bandara yang ada di Indonesia.

Mari Elka Pangestu dalam avara penyerahan penghargaan toilet Umum Bersih Bandara 2013 di Gedung Sapta pesona Kemenparekraf Jakarta, kemaren mengatakan

Dari 20 bandara internasional dan nasional di Indonesia, tahun ini penghargaan Sapta Pesona untuk toilet bandara terbersih diberikan kepada Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau.

"Bandara Pekanbaru menempati posisi pertama dengan skor 89,62. Dapat bintang 4," tutur Nani S Adiwoso selaku Ketua Panitia Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara 2013. Sedangkan posisi kedua diperoleh Bandara Soekarno-Hatta dengan skor 83,62.

Beberapa peringkat di bawahnya ditempati oleh Bandara Juanda di Surabaya (79,82), Bandara Sultan Hassanudin di Makassar (77,22), Bandara Ngurah Rai di Denpasar (76,27), Bandara Ahmad Yani di Semarang (76,18), Bandara Sultan Badaruddin II di Palembang (75,91), Bandara Sultan Iskandarmuda di Aceh (75,88), Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta (75,74), dan Bandara Minangkabau di Padang (75,60).

Nani menuturkan, beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk toilet umum bersih bandara adalah kebersihan, kelengkapan, kelayakan, kemudahan pemakaian, dan pengelolaan sesuai standar kebersihan.

Dewan juri penghargaan ini antara lain Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, media, dan
pemerhati toilet.( sumber : halloriau.com )

Berita Lainnya

Index