Letusan Gunung Sinabung . ( fhoto : detik.com )

Gunung Sinabung Meletus, Tiga Desa Harus Dikosongkan

Minggu,15 September 2013 - 04:32:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

KABANJAHE - Warga di tiga desa di punggung Gunung Sinabung harus diungsingkan segera. Pengosongan desa ini untuk mengantisipasi adanya korban jika aktivitas gunung berapi tersebut meningkat.

"Dari 11 desa yang terkena abu vulkanik karena dekat dengan gunung, maka ada tiga desa yang harus dikosongkan," kata Kapolres Karo AKBP Alberd Sianipar kepada wartawan, Minggu (15/9/2013) di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ketiga desa tersebut yakni Desa Simacem dan Desa Bekerah di Kecamatan Naman Teran, serta Desa Suka Meriah di Kecamatan Payung. Untuk kepentingan pengamanan di ketiga desa yang jaraknya mencapai tiga kilometer dari gunung itu, sejumlah petugas kepolisian ditempatkan. Mereka berjaga di sana bersama pihak pemerintahan desa dan pihak kecamatan.

Situasi saat ini, kata Alberd, banyak desa yang sudah ditinggalkan warganya, tidak hanya tiga desa yang harus kosong itu. Hal itu terjadi karena warga khawatir terkena imbas letusan. Di seluruh kawasan itu, petugas sudah ditempatkan untuk mengantisipasi berbagai kerawanan.

Menurutnya situasi saat ini abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung sudah berkurang intensitasnya. Hujan yang turun juga menyebabkan tebaran abu berkurang.( sumber : detik.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT