Panen padi di Pucuk Rantau. ( ktc )

Baru Uji Coba, Petani Pucuk Rantau Sukses Tanam Dua Kali Setahun

Senin,15 September 2013 - 11:56:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...



PUCUK RANTAU - Petani di desa Sungai Besar, Kecamatan Pucuk Rantau berhasil melaksanakan  program penanaman padi dua kali setahun. Rabu (11/9) lalu mereka panen padi untuk kedua kalinya dalam tahun ini. Padahal mereka baru uji coba tanam dua kali.
"Dimana hasil panen bulan ini rata-rata perhektarnya petani padi di Sungai Besar mendapatkan 1 ton perhektar," ujar Kadis Tanaman Pangan Kuansing,  Hardison, Kamis (12/9) lalu.
Panen ini juga di hadiri Ir Hendri mewakili Kadistangan Provinsi Riau, Camat Pucuk Rantau Budi Asrianto, Upika dan ratusan masyarakat Sungai Besar dan sekitarnya.
Menurut Hardison, panen padi yang lalu merupakan panen bersama, dan merupakan panen yang kedua dalam tahun ini.
" Sebelumnya penanaman dilakukan  Januari lalu juga berhasil melakukan panen,"ujarnya.
Dikatakannya, lokasi tempat tanam padi kemarin merupakan program cetak sawah baru dengan luas 31 hektar dengan jumlah petani penggarap sebanyak 230 orang.
," Jumlah petani yang menggarap cukup banyak, mereka juga mengusulkan tambahan cetak sawah baru karena masih ada lahan yang ingin dibuka,"katanya.  
Dari hasil pendataan  yang dilakukan PPL saat panen  Rabu lalu dari tiga sampel yang diambil, sampel satu hasilnya 2,4 ton perhektar, sampel dua 3,6 ton perhektar, sampel ketiga 3,2 ton perhektar. Dengan demikian dari hasil uji sampel dapat dikatakan raa-rata petani mendapatkan hasil 3 ton perhektar.

"Hasil ini sudah sangat bagus, dimana program cetak sawah baru ini berhasil,'katanya.
Dari luas 31 hektar cetak sawah baru ini, terletak diempat titik, dimana tanaman padi ini tumbuh subur. Maka pada kesempatan tersebut masyarakat kembali mengusulkan ditambahnya cetak sawah baru pada tahun mendatang.
," Alhamdulillah pak Ir Hendri yang hadir langsung merespon, dia akan mengusulkan pada tahun depan untuk tambahan cetak sawah baru disana,"katanya.
Menurut Hardison,  bulan November mendatang rencana masyarakat kembali akan melakukan penanaman kembali, tapi dirinya mengusulkan bulan Oktober.
,"Rencana November petani disana akan melakukan penanaman kembali, tapi saya usulkan agar ditanam pada Oktober Namun   Kita menyambut baik antusias masyarakat Sungai Besar, dimana baru tahun ini mereka melakukan penanaman padi, hasilnya sudah sangat bagus,'pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT