Dilantik, Bupati Ingatkan Kades Logas Hilir dan Kebun Lado Tidak Berpolitik

Dilantik, Bupati Ingatkan Kades Logas Hilir dan Kebun Lado Tidak Berpolitik
Bupati H Sukarmis saat melantik Kades Logas Hilir dan Kades Kebun Lado Kecamatan Singingi. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - Bupati Kuansing H Sukarmis kembali mengingatkan, kendati dipilih secara langsung oleh masyarakat, namun jabatan kepala desa ( Kades ) bukanlah jabatan politik, pasalnya Kades pencalonan Kades tidak melalui Parpol.  

Hal tersebut diingatkannya saat melantik Rasidi sebagai Kades Logas Hilir dan Sumarman sebagai Kades Kebun Lado kecamatan Singingi di desa Kebun Lado, Senin ( 2/9 ) pagi. Hadir pada acara ini Sekda H Muharman,M.Pd, Pabung Mayor ( Inf ) Rio Purwantoro, sejumlah anggota DPRD Kuansing Dapil Singingi dan Singingi Hilir, Camat Singingi Zulkaneri dan undangan lain. " Tidak hanya Kades Logas Hilir dan Kades Kebun Lado, seluruh Kades di Kuansing juga demikian,"ujarnya.
Pasalnya kata Sukarmis,  jika Kades ikut terlibat langsung dalam politik praktis, tentu yang akan dirugikan akibat sikapnya itu  masyarakat dan desanya sendiri.

"Karena tidak seluruh masyarakat yang akan suka dengan apa yang kita inginkan, maka dari itu, kepala desa tidak boleh berpolitik. Akan tetapi seseorang kepala desa itu juga harus paham dengan politik, tapi bukan orang politik," ujar Sukarmis.

Sebaliknya kata Sukarmis mengingatkan, jabatan Kades  merupakan amanah yang harus dijaga dan yang harus dipertanggungjawabkan. Tentu untuk menjaga amanah itu, seorang kepala desa harus memikirkan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan pribadinya. "Jangan sia-siakan jabatan ini," pesannya.

Sukarmis sangat berharap, Kades yang dilantik ini merangkul semua pihak dalam mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di tingkat desa. Karena keberhasilan Kades  tidak terlepas dari dukungan semua elemen masyarakat di desa.

" Dan yang sangat penting dalam membangun desa, Kades  diminta Bupati untuk menciptakan kerjasama yang baik dengan perangkat dan masyarakat di desa dan menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah diatasnya, mulai dari camat hingga Bupati,"pungkasnya ( isa/mad )

Berita Lainnya

Index