JE saat menandatangani peduli lingkungan yang disodorkan pegiat LSM Riau. ( goriau.com )

Jon Erizal, Cagub Pertama yang Tandatangani Komitmen Lingkungan

Minggu,24 Agustus 2013 - 12:51:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA menjadi calon Gubernur Riau pertama yang menanda-tangani komitmen pelestarian lingkungan yang disodorkan koalisi Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) lingkungan di Riau dalam suatu pertemuan di Hotel Grand Central, Pekanbaru, Jumat (24/8/2013). Selain menandatangani kesepakatan, Jon Erizal juga memberikan cap telapak tangan di media yang disediakan.


Hadir dalam pertemuan itu, Woro Supartinah dari Jikalahari, Riko (WALHI Riau), Ali Afri Andi (Greenpeace), Muslim (Jikalahari), Helda Khasmy (Rupari), Efri (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Riau) dan Truno Rudi dari FITRA Riau. Sedangkan Jon Erizal didampingi oleh tim pemenangan, Tengku Zulmizan F. Assagaff dan Andi Yusran.


Kepada Jon Erizal dan pasangannya, H.R. Mambang Mit (JE-MM), LSM lingkungan tersebut meminta komitmennya untuk menjaga lingkungan Provinsi Riau yang sudah porak poranda. Baik lingkungan alam seperti hutan, lahan gambut, flora dan fauna, serta lingkungan perairan seperti laut, sungai dan pantai. ''Kondisinya sudah sangat memprihatinkan,'' ujar Riko.


Dalam beberapa tahun terakhir, kata mereka, perambahan hutan alam, pembalakan liar dan pembakaran hutan dan lahan, makin menggila. Aparat seperti tidak punya nyali untuk menindaknya. Pasalnya, pelaku perambahan dan pembalakan liar itu, ujung-ujungnya selalu mengarah kepada perusahaan besar, paling tidak anak perusahaannya. Perusahaan ini juga pintar mengelabui masyarakat dengan memberikan bantuan program CSR. Media massa pun terlena dengan bantuan dan iklan yang mereka berikan.


Untuk itu, mereka minta komitmen Cagubri dan Cawagubri untuk memperhatikan pelestarian lingkungan ini. Komitmen itu tidak hanya sekedar di mulut tetapi lebih dari itu berupa kebijakan yang akan diambil nanti. Misalnya, kebijakan Menteri Kehutanan yang harus diamankan oleh Gubernur Riau. ''Jangan sampai kebijakan di pusat bagus, namun kebijakan Gubernurnya bertentangan, atau sebaliknya,'' kata Woro.


Jon Erizal sangat sependapat dengan koalisi LSM lingkungan tersebut. Pemikiran yang disampaikan LSM lingkungan sejalan dengan kebijakan dan program yang akan dia lakukan. ''Karena itu tanpa pikir panjang, saya teken komitmen tersebut,'' ujarnya. ( goriau.com/ktc)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT