Cara Mendeteksi Pasangan yang Sedang Berbohong

Cara Mendeteksi Pasangan yang Sedang Berbohong
Dok. Thinkstock


JAKARTA  - Dalam hubungan asmara,tentunya tidak semua hal dapat pasangan ceritakan pada Anda. Terkadang ada kalanya dia berbohong mengenai beberapa hal. Bisa saja saat mengatakan kebohongan tersebut, pasangan terdengar sangat meyakinkan.

Namun sebenarnya Anda tetap bisa mendeteksi apakah pasangan berbohong atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Beberapa gerakan berikut menunjukkan bahwa pasangan sedang berbohong, seperti dikutip Shine Yahoo.

1. Kontak Mata
Mata merupakan indikator yang terbaik untuk mengetahui emosi yang dirasakan oleh seseorang. Rasa senang, sedih, atau marah bisa terlihat melalui mata. Bila Anda curiga bahwa pasangan sedang berbohong, teruslah menatap matanya selama dia berbicara. Orang yang berbohong dan merasa bersalah biasanya akan menghindari tatapan langsung. Bila pasangan Anda terus menghindar, bisa jadi ia sedang menutupi suatu hal dari Anda.

2. Berkeringat
Orang yang berbohong biasanya akan mudah terprovokasi dan mudah berkeringat meskipun cuaca sedang tidak panas. Selain itu coba perhatikan ekspresi dan respon yang ditunjukkan oleh pasangan selama Anda berdua mengobrol. Biasanya orang yang berbohong akan mengeluarkan ekspresi yang tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

3. Tubuh Terus Bergerak
Ketika berbohong, seseorang akan merasa tidak tenang. Bila pasangan Anda berbohong, maka ia akan terus bergerak mulai dari menyentuh dagu atau telinga, menggoyang-goyangkan kaki dan tangannya terus dalam keadaan menggenggam. Gerakan-gerakan tersebut bisa saja dilakukan secara tidak sadar karena ada keresahan ketika menghadapi interogasi Anda.

4. Suara Meninggi
Pasangan Anda akan bersikap defensif ketika Anda menyinggung hal yang membuat dia berbohong. Volume dan nada bicaranya akan naik dan terdengar sarkastik ketika Anda terus menekannya dengan pertanyaan tertentu. Bisa juga pasangan Anda akan bersikap seolah-olah marah dan merasa tersinggung karena Anda tidak mempercayai perkataannya. Untuk mendeteksi apakah ia benar-benar marah atau hanya berpura-pura, cek apakah hidungnya mengembang atau tidak. Bila mengembang, itu tandanya ia benar-benar marah. Namun bila tidak, itu artinya ia hanya sedang berakting untuk menutupi kebohongannya.

5. Sikap Defensif
Saat berbohong, pasangan tidak akan merasa tahan dengan berdiam dalam posisi yang sama dalam beberapa saat. Ia akan mulai menggerakkan benda yang ada di sekitarnya. Mulai dari menggerak-gerakkan meja hingga membolak balik halaman majalah tanpa membaca isinya. Hal ini dilakukan karena ia sedang berpikir keras untuk mencari jalan keluar bila alibi yang telah disiapkan tidak berhasil.

Pastinya Anda sangat mengenal pasangan. Sehingga seharusnya lebih mudah untuk mendeteksi apakah ia berbohong atau tidak. Yang terpenting adalah perhatikan apakah ada gerak-gerik aneh yang tidak biasa pasangan Anda lakukan. Perlu diingat bahwa hubungan yang baik dibangun dengan fondasi kejujuran dan kepercayaan yang kuat. Bila Anda merasa ada yang aneh dengan pasangan Anda, sebaiknya bicarakan hal tersebut agar semuanya menjadi jelas.( detik.com )

Berita Lainnya

Index