Selama Pacu Jalur, 3 Provinsi Ikut Serta Dalam Ajang Festival Kesenian Daerah

Selama Pacu Jalur, 3 Provinsi Ikut Serta Dalam Ajang Festival Kesenian Daerah
Sekda Muharman saat membuka festival kesenian daerah. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - Sekda Kuansing, Drs H Muharman MPd membuka festival kesenian daerah yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan pacu jalur event nasional, Minggu ( 18/8 ) malam lalu. Festival ini melibatkan kabupaten/kota di Provinsi Riau dan juga sejumlah daerah di provinsi tetangga, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi, yang dipusatkan di Taman Jalur Teluk Kuantan.

Saat  pembukaannya  dihadiri sejumlah daerah yang ada di Riau, seperti Pekanbaru, Pelalawan, Siak, Kampar, Dumai, Bengkalis, Inhu, dan dari Sumbar serta Sumut dan daerah lainnya.


Dalam sambutannya,  Sekda H Muharman mengucapkan terima kasih atas partisipasi sejumlah daerah dalam festival seni yang dilaksanakan di Kabupaten Kuantan Singingi. Momentum ini, merupakan ajang untuk merajut tali silaturrahim antar sesama daerah, baik antar sesama daerah di Riau maupun dengan daerah yang ada di luar Provinsi Riau. "Terima kasih atas partisipasinya. Kedepan, mari hubungan baik ini terus kita jalin," katanya.

Menurutnya, Festival Kesenian Daerah bertujuan adalah untuk melestarikan budaya atau kesenian yang ada di masing-masing daerah. Ya, dengan harapan agar kesenian yang dimiliki itu bisa terus dipertahankan dan dilestarikan. "Karena memang penting bagi kita untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di setiap daerah," ujar Muharman.

Muharman mengakui, setiap daerah memiliki aset budaya dan kesenian khas masing-masing. Dengan digelarnya festival ini, tentu akan muncul budaya dan kesenian di setiap daerah. Dengan budaya dan kesenian yang dimiliki setiap daerah, kata Muharman, daerah itu bisa dikenal oleh daerah lainnya.( isa )

Berita Lainnya

Index