Tampak mobil dan motor pembeli mulai ramai mendatangi Pasar Rakyat Teluk Kuantan. ( isa )

Persiapkan Hidangan Istimewa Saat Lebaran, Warga Berburu Kebutuhan Dapur

Senin,05 Agustus 2013 - 01:39:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Sudah menjadi tradisi masyarakat, pada hari Lebaran menyajikan makanan dan minuman istimewa bagi keluarga tercinta termasuk kerabat dan handai taulan, termasuk di Kuansing. Sejak Minggu ( 4/8 ) hingga Senin ( 5/8 ) kemaren berdasarkan pantauan di dua pasar yang ada di Teluk Kuantan masing-masing Pasar Lumpur dan Pasar Rakyat terjadi lonjakan pembeli.

Lonjakan terlihat sejak pukul 08- hingga pukul 11.00. Warga berburu aneka lauk pauk mulai dari ikan, daging sapi, daging ayam, sayur- mayur dan bumbu dapur. Mereka mendatangi pasar sesuai kebiasaan selama ini, baik ke pasar Lumpur maupun pasar Rakyat.

Di pasar Lumpur, walaupun sedikit becek namun banyak warga yang datang. Pembeli mendatangi pasar ini karena harganya yang lebih miring. Begitu juga, kalau menggunakan sepeda motor tidak perlu parkir alias langsung masuk diantara lorong-lorong pasar Lumpur yang ada.

Bahkan dibandingkan dengan pasar Rakyat, jumlah pedagang ikan dan daging lebih banyak berjualan dipasar   Lumpur . Salah seorang pedagang ikan, Lilis, pembeli memang lebih banyak di pasar Lumpur dibandingkan dengan pasar Rakyat, karena itu Ia yang dulu sempat berjualan di pasar Rakyat pindah ke pasar ini.

Ia mengakui menjelang lebaran, warga yang datang cukup ramai, namun untuk ikan cenderung stabil. Warga tampaknya membru daging untuk rendang, kalio dan masakan lainnya. " Hari Rabu besok puncaknya nanti orang datang ke pasar Lumpur, kan sehari sebelum lebaran,"ujarnya.

Begitu juga dengan Imar pedagang asal Pisang Berebus Gunung Toar. Ia mengakui beberapa hari menjelang lebaran penjualan meningkat. Imar yang menjual aneka sayur mayur seperti  paku, kangkung dan jengkol serta cendawan mengaku dagangan nya sedikit laris. Jenis sayur mayur asli kampung ini ujarnya dicari warga , termasuk orang-orang rantau yang baru pulang.

" Orang dari rantau kalau di kampung kan mencari makana-makanan tradisional dan alami, seperi paku, cendawan, anak Ruan, udang kecil-kecil dari sawah untuk otun dan seperti yang itulah, melepas tedogak ( kangen ),"ujarnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT