Penumpang Angkutan Laut di Inhil Mulai Melonjak

Penumpang Angkutan Laut di Inhil Mulai Melonjak
fhoto riau terkini. com

TEMBILAHAN-Sekitar sepekan menjelang lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, arus mudik penumpang melalui jalur laut dan sungai di Indragiri Hilir (Inhil) mulai dipadati pemudik.

Berdasarkan pemantauan riauterkini.com, Kamis (1/8/13) tampak puluhan agen speedboat yang terdapat di sepanjang turap sungai Indragiri di Tembilahan sejak pagi telah ramai dipadati para pemudik.

Para pemudik ini merupakan mereka yang baru tiba atau akan berangkat ke daerah pesisir Inhil, seperti Kecamatan Mandah, Pulau Burung, Kuala Enok dan daerah lainnya. Termasuk yang baru dan akan berangkat ke Kepulauan Riau, seperti Batam, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Batu.

"Memang pada hari ini mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang, bang! Mungkin karena para pelajar sudah libur sejak hari ini," jawab Reza, salah satu agen speedboat di Pelabuhan LLASDAP Tembilahan kepada riauterkinicom, Kamis (1/8/13). Peningkatan penumpang ini akan berlangsung sampai satu hari menjelang lebaran nanti.

 Walaupun mulai terjadi lonjakan penumpang, namun disebutkannya harga tiket belum naik. Kalau pun ada kenaikan biasa saat hari terakhir menjelang lebaran, karena speedboat tersebut harus pulang lagi ke Tembilahan pada hari itu.

Selama ini angkutan laut speedboat merupakan transportasi penting, khususnya bagi kawasan Inhil Utara, karena banyak daerah kawasan ini belum terhubung dengan jalur darat, seperti Kecamatan Mandah, Kateman, Pelangiran, Pulau Burung, Kuindra, Concong.

Maka tak heran, menjelang lebaran para penumpabg speedboat membludaknya, bahkan sampai ke atas tenda speedboat. Tak jarang para pengelola angkutan jalur laut terpaksa menambah jumlah armada yang diberangkatkan, kalau biasanya satu unit, maka menjelang lebaran seperti saat ini bisa menjadi dua unit.(mar/riauterkini.com)

Berita Lainnya

Index