Asisten I Setda Drs H Erlianto saat membuka acara Mandi Balimau di Muara Lembu ( ktc )

Diliput TV Swasta Nasional, Mandi Balimau di Kuansing Meriah

Selasa,09 Juli 2013 - 11:14:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Acara tradisi Mandi Balimau di Kuansing sebagai simbol menyucikan diri lahir dan bathin jelang menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1434 Hijriah berlangsung meriah.Disejumlah lokasi tempat mandi Balimau dihadiri ribuan warga untuk merayakan sukacita datangnya bulan Ramadhan.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pusat tradisi Mandi Balimau berlangsung di Tepian Pantai Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi. Ribuan orang tua muda terlihat bersukacita mandi di sungai Singingi dilokasi acara mandi bersama teman dan kerabat. Mereka membawa ramuan berbagai aneka bunga dan limau pewangi yang semakin menambah semarak dan kesyahduhan acara yang sudah berlangsung sejak lama itu.
Acara mandi Balimau di buka oleh Asisten I Setda Drs H Erlianto dan dihadiri Wakapolres Kuansing Kompol Haldun dan sejumlah Kadis, Kepala Badan, Kepala Kantor dan Camat Singingi Zulkaneri, S.Sos. Selain Mandi Balimau di lokasi ini juga ditaja kejuaraan motor cross memperebutkan piala H Sukarmis. Secara simbolis Asisten I menyiram air wangi-wangian kepada perwakilan warga yang diikuti pejabat lainnya.
Karena begitu ramainya warga yang datang ke lokasi ini, saat masuk ke arena tersebut kenderaan roda dua dan roda empat milik warga terpaksa harus antre, begitu juga saat hendak kembali ke rumah masing-masing. Mandi Balimau diarena ini juga mendapat perhatian dari sejumlah media nasional seperti Metro TV,  Indosiar, ANTV dan Trans TV ( MNC TV ). Mereka ikut meliput kegiatan tradisi besar yang ada di kawasan Singingi tersebut.
Selain di Muara Lembu warga juga ada yang mengunjungi arena lain seperti air terjun Guruh Gemurai di desa Kasang, tepian Kuantan di Desa Koto Lubuk Jambi, Danau Kobun Nopi , bendungan Bedeng Sikuran, waduk Sako dan danau Koto Rajo dan Pelangi Water Park. Disejumlah lokasi bahkan acara Mandi Balimau juga dihibur organ tunggal.
Selain mengunjungi lokasi-lokasi acara Mandi Balimau, banyak juga warga yang memilih Mandi Balimau di rumah masing-masing. Selain menghindari kemacetan mereka beralasan mandi dirumah sendiri lebih afdol. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Kisruh BPJS di Kuansing, Kajari Panggil Jajaran RSUD

Jumat,25 Maret 2016
Sosial & Agama

Ibu Melahirkan dalam Pesawat Garuda, Penumpang Geger

Sabtu,07 September 2013