Warga binaan Rutan Teluk Kuantan tampak sedang bekerja mengelola usaha batako. ( isa )

Ramadhan, Cabang Rutan Teluk Kuantan Taja Lomba Azan Antar Napi

Senin,07 Juli 2013 - 10:36:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Bulan puasa akan tiba, warga binaan atau narapidana yang ada di rumah tahanan ( Rutan ) Cabang Teluk Kuantan yang beragama Islam tentu juga akan berpuasa seperti masyarakat Muslim lainnya. Selama sebulan penuh mereka dijadwalkan mengikuti pembinaan keagamaan yang dilakukan Cabang Rutan Teluk Kuantan.
" Selama ramadhan tahun ini Kita juga mengagendakan pembinaan keagamaan kepada warga binaan yang menjalankan ibadah puasa, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan berupa lomba azan bagi warga binaan tersebut."Kepala Cabang Rutan Teluk Kuantan, Hendro SN, SE, A.Md, S.sos, M.Si, Minggu ( 7/7 ) kemaren.
Selain lomba azan ujarnya, fihak Rutan juga akan melaksanakan kegiatan mengenal baca Al-Quran kepada warga binaan. Diharapkan melalui lomba-lomba  tersebut, mereka dapat semakin memperdalam pengetahuan dan pengalaman agama.
Tidak hanya itu ujarnya, mereka juga akan melaksanakan kegiatan ceramah agama bagi warga binaan di siang hari. " Untuk kegiatan-kegiatan ini fihak Rutan bekerjasama dengan ulama-ulama yang ada di daerah Kita ini,"ujar Hendro.
Selain kegiatan tersebut ujarnya, kegiatan rutin yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya buka puasa dan sahur bersama bagi warga binaan yang melaksanakan ibadah puasa.Selain itu ujarnya, warga binaan juga akan menggelar sholat Tharawi bersama dilanjutkan dengan kegiatan tadarus.
  " Buka puasa dan sahur bersama serta sholat Tarawih dan Tadarus selain mempertebal nilai-nila agama warga binaan diharapkan juga meningkatkan silahturahmi antar warga binaan ditengah suasana religus yang kuat,"ujarnya.

Menurutnya Hendro, momentum Ramadhan ini dimanfaatkan fihaknya untuk membentuk kepribadian warga binaan yang lebih baik, terutama dari sisi keagamaan. Karena itu kegiatan-kegiatan selama Ramadhan yang dilaksanakan sejalan dengan upaya Rutan Cabang Teluk Kuantan dalam membina para warga binaan sebelum mereka benar-benar kembali ke warga masyarakat setelah bebas.
Ditambahkan Hendro, dari 223 waga binaan yang ada di Rutan Cabang Teluk Kuantan saat ini, mayoritas beragama Islam yakni 215 orang, sisanya 8 orang merupakan non muslim.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT