Setelah Juara I di Rayon II, Meriam Onggang Lagi Rebut Juara I di Rayon IV

Setelah Juara I di  Rayon II, Meriam Onggang Lagi Rebut Juara I di Rayon IV
Dua jalur saat berpacu pada babak final pacu jalur kecamatan rayon IV. ( ktc )

SENTAJO RAYA -Jalur Meriam Onggang Parau boleh dikata jalur yang berpretasi cemerlang  diajang pacu jalur kecamatan tahun 2013. Jalur asal desa Kepala Pulau Baserah Kuantan Hilir ini menjadi juara I di dua rayon dari empat rayon yang ada. Juara I pertama diraih pada pacu jalur kecamatan  rayon II di Gunung Toar, dan prestasi kedua diraih pada ajang pacu jalur kecamatan rayon IV yang usai Rabu ( 3/7 ) sore di gelanggang Datuk Simambang Rajo Nan Putiah desa Pulau Komang kecamatan Sentajo Raya.

Pada  ajang pacu jalur kecamatan rayon IV, difinal segitiga  jalur ini mengandaskan perlawanan jalur unggulan asal desa Pauh Angit Pangean Siposan Rimbo RAPP. Meriam Onggang Parau hasil undian final segitiga memang mendapat undian bay atau menang menunggu.Sementara Siposan Rimbo RAPP harus berpacu terlebih dahulu dengan Juragan Kuantan dari desa Seberang Gunung. Saat Siposan berduel dengan Juragan, Siposan unggul dan kembali menantang Meriam Onggang Parau. Saat berpacu dengan Meriam Onggang Parau, Siposan Rimbo kalah dan memuluskan jalur Meriam Onggang menjadi juara I. Juara kedua akhirnya diraih Siposan Rimbo RAPP dan juara ketiga diraih oleh Juragan Kuantan.

Ajang final mendapat antusias penonton, mereka tampak tidak beranjak untuk menyaksikan laga akhir Meriam Onggang Parau dengan Siposan Rimbo  walaupun hari sudah senja dan masuk shalat Maghrib. Gemuruh suara pendukung masing-masing calon langsung bergema begitu juga dengan petasan dilepaskan disepanjang arena ketika dua jalur ini hilir untuk menunjukkan keperkasaan masing-masing. Para pendukung tampak begitu histeris berteriak dan berjingkrak serta mengacungkan tangan tanpa mereka sadari saat memberi support kepada pemacu agar mendapatkan juara.

Untuk memperebutkan juara IV, V dan IV,  jalur-jalur yang kalah dibabak semifinal kembali berpacu masing-masing Ombak Nyalo Simutu Olang dari desa Pulau Tongah Pangean, Pulau Laghe Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah Kuantan Hilir da Lintasan Kelok Agung dari desa Sako Pangean. Hasil undian, Pulau Laghe Mandulang Untuang harus berhadapan pertama kali dengan Lintasan Kelok Agung dari desa Sako Pangean. Sedangkan Ombak Nyalo Simutu Olang mendapat undian bay. Setelah Pulau Laghe Mandulang Untuang berpacu dengan Lintasan Kelok Agung, Pulau Laghe Mandulang Untuang berhasil menang. Pulau  Laghe Mandulang Untuang kembali berpacu dengan Ombak Nyalo Simutu Olang dan berhasil menang dan menjadi juara IV, sementara juara V diraih Ombak Nyalo Simutu Olang dan juara VI diraih Lintasan Kelok Agung.

Untuk menentukan juara VII hingga XII jalur-jalur yang kalah di babak perempat final masing-masing Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari desa Kampung Baru Toar Gunung Toar,  Duri Bingkuang Rawang Panjang dari  desa  Pulau Kedundung Kuantan Tengah, Tapak Godang Sei Gorokan Gunung Toar,  Delima Indah Permata Kuantan BKD Kuansing dari Saik Kuantan Mudik,  Tuah Inayan Mandulang Untuang  dari desa Pulau Aro Kuantan Tengah dan Pendekar Kuniang  dari Pebaun Hulu Kuantan Mudik dilakukan melaui pencabutan undian.

Setelah diundi hasilnya juara VII diraih Duri Bingkuang Rawang Panjang, juara VIII diraih Tapak Godang Sei Gorokan , juara IX diraih Delima Indah Permata Kuantan BKD Kuansing, juara X Ngiang Kuantan Cahayo Nagori , juara XI Tuah Inayan Mandulang Untuang  dan juara XII Pendekar Kuniang. (  yus/pen/isa )

Juara Rayon IV Sentajo Raya 2013
1.   Meriam Onggang Parau /Kepala Pulau Baserah (KH)
2.  Siposan Rimbo /Pauh Angit Pangean (PGN)
3.  Juragan Kuantan/ Seberang Gunung (GT)
4.  Pulau Lage Mandulang Untuang/ Pulau Madinah (KH)
5.  Ombak Nyalo Simutu Olang/ Pulau Tongah (PGN)
6.  Lintasan Kelok Agung/ Sako (PGN)
7.  Duri Bingkuang Rawang Panjang/ Pulau Kedundung (KT)
8. Tapak Godang Sei Gorokan/ Gunung Toar

9. Delima Indah Permata Kuantan BKD Kuansing/ Saik (KM)
10. Ngiang Kuantan Cahayo Nagori/ Kampung Baru (GT)
11. Tuah Inayan Mandulang Untuang / Pulau Aro (KT)
12. Pendekar Kuniang/Pebaun Hulu (KM)

Berita Lainnya

Index