Ilustrasi. ( ktc )

4 Tahun, Pemkab Kuansing Sediakan Rp 40 Miliar untuk Bangun Listrik

Selasa,02 Juli 2013 - 08:05:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

ELUK KUANTAN-Semenjak tahun 2009 hingga tahun 2013 program kelistrikan di Kuansing telah menelan anggaran setidaknya sekitar 40 miliar rupiah. Anggaran teesebut diambil dari APBD Kuansing untuk mengaliri listrik kesejumlah desa-desa yang ada di kabupaten tersebut.

Menurut Kabid Migas Ketenagalistrikan dan Energi, Dinas Energi dan Kelistrikan Kabupaten Kuansing, Rhamadhan, mengatakan program kelistrikan di Kuansing dimulai sejak tahun 2009 dan telah menghabiskan dana APBD Kuansing mencapai Rp40 miliar dengan rincian pada tahun 2009 Rp6 Miliar, selanjutnya Rp8 Miliar, 2011 Rp10 Miliar dan pada 2013 lebih banyak dikucurkan kedaerah Kecamatan Logas yang mencapai Rp7 Miliar baik itu untuk Logas I maupun Logas II.

Kendatipun demikian, masih ada beberapa daerah yang masih belum mendapatkan aliran listrik seperti 10 desa di Kecamatan Pucuk Rantau dan pangkalan Indarung.

Dijelaskan Rhamadan, 10 desa di Kecamatan Pucuk Rantau sudah dibahas di pemerintahan bahkan pada tahun 2014 mendatang rencana tersebut akan segera direalisasikan.

Namun untuk Desa Pangkalan Indarung sebut Rhamadan, juga sudah diusulkan untuk program Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan dianggarkan melalui dana APBN ."Dayanya nanti sebesar 250 kilo volt, dengan demikian kedepan Kabupaten Kuantan Singingi tidak lagi menjadi krisis listrik seperti di sejumlah daerah di Riau, karena dengan program listrik masuk desa ini akan dapat memberikan nilai positif bagi warga maupun para pengusaha," jelas Rhamadan.

Dipaparkanya lagi, untuk tahun 2013 ini Pemkab Kuansing kembali mengalokasikan dana sebesar Rp15,945 miliar untuk program listrik masuk desa yang meliputi 16 paket pengerjaan.

Dari 16 paket kegiatan tersebut sebanyak 10 paket diantaranya sudah selesai dikerjakan.Dikatakannya, paket yang dikerjakan antara lain di Kecamatan Cerenti, Kecamatan Inuman, Kecamatan Kuantan Hilir, Kecamatan Logas, Kecamatan Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Kecamatan Singingi, Kecamatan Kuantan Mudik dan Kecamatan Pengian.( riauterkini.com/ktc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT