Satu-satunya Utusan Kuantan Hilir Juarai Pacu Jalur Rayon II

Satu-satunya  Utusan  Kuantan Hilir Juarai Pacu Jalur Rayon II
Camat Gunung Toar, Samsir Alam menyerahkan hadiah pada perwakilan Jalur Meriam Onggang Parau. ( ktc

TELUK KUANTA N – Aplus patut diacungi untuk jalur Meriam Onggang Parau asal desa Kepala Pulau Baserah Kecamatan Kuantan Hilir yang berlaga di ajang pacu jalur kecamatan rayon II di arena Tepian Pantai Desa Lubuk Terentang Gunung Toar. Satu-satunya jalur Kuantan Hilir yang mudik berpacu di rayon II ini mampu menjuarai salah satu ajang bergengsi pacu jalur di Kuansing. Jalur ini harus menghadapi tantangan keras sejak hari pertama hingga kedua untuk dapat lolos dari sergapan lawan-lawan nya. Apalagi selama ini arena rayon II boleh dibilang “ sarang tabuan “ bagi jalur-jalur Kuansing mengingat jumlah jalur yang kuat dari kawasan ini cukup banyak.

Bahkan setelah era jalur Pandai Baiduri dan Pulau Batuah dari Rengat Indragiri Hulu, praktis jalur-jalur dari rayon II yang mendominasi juara diberbagai even baik even kecamatan termasuk even nasional. Jalur Meriam Onggang Parau keluar sebagai juara pertama ajang pacu jalur kecamatan rayon II setelah dalam babak final mengalahkan jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari desa Kampung Baru kecamatan Gunung Toar, Kamis ( 20/6 ) siang. Sempat terjadi dua kali start akibat haluan jalur saat akan dilepas tidak sama. Saat dentuman meriam menyalak, kibasan pengayuh dari kedua pemacu terlihat dari pancang finish, air terpancar dari pengayuh pemacu yang dilepas sekuat tenaga. Begitu juga penonton langsung berlarian ke arena sungai Kuantan. Pada pancang pertama hingga ketiga, kedua jalur saling mendahului, namun pada lepas pancang keempat Meriam Onggang yang berada di jalur kiri tampak mulai mendominasi, bahkan berhasil jauh mendahului Ngiang Kuantan saat memasuki garis finish. Pertandingan menarik lainnya terjadi pada perebutan juara ketiga dan keempat antara Lintah Jalang dari desa Petapahan dengan Delima Indah Permata Kuantan dari desa Saik. Akibat haluan tidak sama, sempat terjadi tiga kali start. Pada start ketiga, panitia melakukan start gantung dan baru bias dilepas. Sejak pancang pertama, jalur Lintah Jalang yang berada di jalur kanan, tampak langsung mendominasi perpacuan, sehingga dapat meninggalkan jauh lawannya. Sehingga juara ketiga akhirnya diraih oleh jalur Lintah Jalan dan keempat Delima Indah Permata Kuantan. Sementara itu perebutan juara lima, enam dan tujuh dilakukan pacu segitiga.

Dari kesepakatan panitia dan wakil jalur, yang mendapat undian bay mendapat posisi juara lima. Sedangkan yang tidak berpacu merebut posisi juara enam dan tujuh. Jalur Ombak Nyalo Simutu Olang akhirnya mendapat undian bay dan mendapat juara lima. Sementara hasil pacu antara jalur Mantiko Limbek Putiah Kari dan Panglimo Olang Putiah dari Sungai Alah dimenangkan Mantiko Limbek Putiah yang kemudian menempati juara enam dan juara ketujuh diraih Panglimo Olang Putiah.

Sedangkan berdasarkan pencabutan undian juara , Rabu ( 19/6 ) lalu, untuk menentukan peringkat juara delapan, Sembilan dan sepuluh diperoleh hasil jalur Singa Kuantan Sungai Pinang meraih peringkat 8, jalur Batu Lompatan Harimau Kompe Kinali meraih peringkat 9, dan jalur Rawang Udang Talontam Benai meraih peringkat 10.( isa )

Berita Lainnya

Index