Inspektorat Kuansing Taja Bimtek Pengelolaan Pajak

Inspektorat Kuansing Taja Bimtek Pengelolaan Pajak
Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd saat membuka Bimtek Pengelolaan Pajak. ( pen )

TELUK KUANTAN - Guna mewujutkan bendaharawan mahir pajak di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Inspektorat Kabupaten Kuantan Singingi menggelar acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Pajak Daerah Tahun 2013.

 Acara yang diselenggarakan selama tiga dan dimulai Rabu (12/6), dibuka Sekretaris Daerah Drs Muharman, M, Pd. Dalam sambutannya, Sekda  mengatakan, sebagai pejabat pengelola keuangan negara sangat penting mendapatkan bimbingan teknis perpajakan terkait peraturan perpajakan terbaru.( pen )

 

Karena tugas pejabat pengelola keuangan dalam kedudukannnya sebagai bendahara pemerintah, berkewajiban untuk melakukan pemotongan dan pemungutan atas pajak-pajak yang terutang dari berbagai proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah.

 “Bimtek ini sangat diperlukan. Karena masih banyak bendaharawan di masing-masing SKPD belum mengetahui tentang pemungutan dan pemotongan pajak. Apa lagi kami Kabupaten Kuantan Singingi berkomitmen dalam mendukung Dirjen Pajak guna menyukseskan penerimaan pajak tahun 2013,” ujar Bupati.

 Bupati berharap para pengelolaan keuangan negara dalam kedudukannya sebagai bendahara, mengetahui peraturan perpajakan terkait pemungutan dan pemotongan pajak. Apa lagi, sebut Bupati, peraturan bidang perundang-undangan di bidang perpajakan selalui dinamis dan berkembang sesuai perubahan zaman.

 Karena Dirjen Pajak saat ini telah banyak mengeluarkan buku-buku panduan secara tertulis khususnya bagi wajib pajak bendaharawan pemerintah, kehadiran buku-buku itu disadarinya, sangat membantu bendaharawan dalam memahami peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

 Terutama dalam mengenai tata cara pemotongan, pemungutan, penyetoran dan pelaporan pajak yang timbul akibat berbagai transaksi pengeluaran yang terjadi di masing-masing unit maupun satuan kerja. “Karena itu pelatihan ini hendaknya dimanfaatkan betul bagi peserta belajar dan memahami bidang perpajakan ini,” ujar Bupati mengingatkan.

 Kepala Inspektorat Kabupaten Kuantan Singingi, Hernalis, S, Sos melaporkan, Bimtek ini diselenggarakan untuk mewujutkan bendaharawan yang mahir tentang seluk beluk proses perpajakan. Sedangkan peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari bendaharawan di seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

 Sementara nara sumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini berasal dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan perwakilan Provinsi Riau. “Antara lain nara sumber dari BPKP Provinsi Riau yang memberikan materi adalah Rustam dan Sudaryono,” terang Hernalis. (isa )

Berita Lainnya

Index