Bus Putra Kimar saat terbakar hebat akibat konsleting di Muara Lembu Kecamatan Singingi Kuansing. (

Konsleting, Bus Putra Simas Ludes Terbakar di Muara Lembu, 40 Penumpang dan Awak Bus Selamat

Rabu,12 Juni 2013 - 04:09:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Bus antar kota antar provinsi ( AKAP ) Putra Simas dari Medan tujuan  Bengkulu, 07.50 pagi tadi ludes terbakar akibat konsleting ( arus pendek ) di Muara Lembu Kecamatan Singingi. Walau terbakar hebat, untung  pada kejadian ini tidak timbul korban jiwa, sementara kerugian mencapai Rp 500 Juta.
Kapolres Kuansing AKBP Wendry Purbyantoro yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Singingi, AKP Syafri Joni yang dihubungi, Rabu ( 12/6 ) siang mengatakan, bus nahas BB 3152 AN tersebut sedang membawa 40 orang penumpang. Namun tiba-tiba di depan Sungai Monang Kelurahan Muara Lembu, tiba-tiba dari dalam bus Putra Kimar terlihat percikan api yang cukup besar.
Sang sopir Suhaimi Situmorang lantas menghentikan busnya. 40 orang penumpang yang ada di dalam bus langsung diminta keluar oleh sang sopir dan kernet. Para penumpang kemudian berhamburan keluar dari pintu bus yang ada dan lewat jendela. Api yang makin lama makin besar tersebut kemudian meludeskan bus tersebut.
Menurutnya dalam kejadian ini para penumpang cukup beruntung. Pasalnya mereka keluar dari bus dalam kondisi bus yang terbakar cukup besar. " Penumpang diturunkan disaat api sudah mulai membesar, untung saja tidak ada korban jiwa, akibat mereka cepat turun kalau luka-luka ringan ada akibat penumpang berdesakan keluar,,"ujar AKP Syfari Joni.
Menurutnya kalau bus tidak cepat dihentikan, maka bisa saja timbul korban jiwa. " Sopir dan kernet tampaknya cukup sigap,"ujarnya.
Untuk memadamkan api di bus yang sedang terbakar itu ujarnya, fihaknya langsung meminta bantuan mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP. 3 truk mobil pemadam kebakaran kemudian meluncur ke lokasi dan langsung memadamkan api yang sedang berkobar di bus tersebut.
Mengenai kerugian ujarnya, dari pengakuan sopir lebih kurang Rp 500 Juta. Selain bus sejunmlah peralatan penumpang yang tidak bisa diselamatkan juga ikut terbakar.

" Untuk penumpang sendiri saat ini ada di lokasi dan penanganan lebih lanjut akan dilakukan oleh PO Putra Kimar untuk mengantarkan penumpang ke tujuan mereka,"ujar Kapolsek. ( isa )



TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT