Para Cagubri dan Cawagubri saat fose bersama. ( rtc/ktc )

Achmad Absen, Para Calon Peserta Pilgubri Foto Bersama Sebelum Tes Kesehatan

Sabtu,08 Juni 2013 - 01:17:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU-Hari ini, Sabtu (8/6/13) 8 pasangan bakal calon Gubri dan Wagubri 2013-2018 mulai pemeriksaan kesehatan. Serah terima simbolis dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau kepada tim pemeriksakesehatan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Seluruhnya hadir, kecuali Balon Gubri dari Partai Demokrat Achmad. Sementara pasanganya Masrul Kasmy terlihat mengikuti setiap tahapan.

Pada acara penyerahan pemeriksaan kesehatan KPU, semua pasangan calon tampak hadir kecuali Bacalon Ahmad. Mereka sumua diundang KPU untuk melakukan pendaftaran pemeriksaan kesehatan sekaligus menandatangani surat pernyataan siap menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan Kepada KPU.

"Pagi ini kita mengundang seluruh pasangan calon. Secara simbolis pemeriksaan kesehatan bakal calon kepada tim hari ini," jelas Ketua KPU Riau Tengku Edy Sabli kepada riauterkinicom sebelum acara penyerahan di mulai, Sabtu (8/6/13).

Ditambahkanya, untuk pemeriksaanya, hari ini hanya dilakukan kepada tiga pasangan calon. Masing-masing adalah Herman Abdullah-Agus Widayat, Anas Maamun-AndiRahman dan Indra Muchlis-Aiziz Zainal.

Pemeriksaan akan dilanjutkan pada hari Senin (10/6/13) untuk pasangan Jon Erizal-Raja Mambang Mit. Untuk dua pasangan terakhir Lukman Edi-Suryadi dan Tengku Muhtarudin-Syamsurizal dilakukan pemeriksaan kesehatan di hari Selasa (11/6/13).

 Ketua tim pemeriksa kesehatan yang juga sebagai Ketua IDI Riau Nuzelly Husnedi menjelaskan, pemeriksaan untuk seliruh pasangan calon dilakukan menyeluruh. Yakni melihat kondisi kesehatan calaon saat ini, bukan mencari sakit yang didetita.

"Disini kita ditunjuk oleh KPU untuk memeriksa kesehatan calon. Nanti hasilnya akan kita serahkan kepada KPU, karena pemeriksaan ini KPU yang meminta. Makanya tadi mereka diminta menandatangani membolehkan hasil teskesehatan ke KPU. Seharisnya hasil itu kan rahasia dan hanay boleh diberikan kepada yang nersangkutan," jelasnya.

Seperti yang disebitkan, tes kesehatan dilakukan secara lengkap dan menyeluruh. Di antaranya adalah tes penyakit dalam, THT, mata, Jantung dan Paru-paru serta tes darah.

Ditambahkanya, hasil pemeriksaan yang akan diserahkan ke KPU adalah bentuk data-data hasil pemeriksaan ditambahkan dengan rekomendasi. Pihak tim pemeriksa todak dapat memutuskan boleh atau tidak menjadi calon dalam Pilkada.( rtc/ktc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT