ilustrasi. ( ktc )

Hingga Mei 2013, 1028 Orang Warga Kuansing Sedang Mencari Kerja

Kamis,30 Mei 2013 - 07:17:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Hingg  Mei 2013 ini, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing ( Disosnaker ) mencatat 1028 orang sedang mencari kerja. 1028 itu terdiri dari 636 laki-laki dan sisanya 392 orang  perempuan.
Hal ini dikatakan Kadis Sosnaker Kuansing, Ir Novriman, MT kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis ( 30/5 ) siang. Angka ini  berdasarkan warga  yang mengurus kartu kuning di instansi yang dipimpinnya, baik untuk keperluan melamar menjadi PNS maupun karyawan swasta.
" Untuk mengetahui jumlah orang yang sedang mencari kerja salah satunya dari jumlah orang yang mengurus kartu kuning ini,"beber mantan Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air Kuansing itu.
Kendati demikan ujarnya , jumlah ini  tidak bisa menjadi patokan mengenai jumlah pengangguran di Kuansing, sebab juga ditemukan pencari kerja yang sudah bekerja namun tidak melaporkan kembali ke Disosnaker. 
" Sesuai aturan yang sudah diterima kan harus melapor lagi, sehingga tahu yang sudah diterima bekerja dan yang belum diterima,"ujarnya.
Demi meminimalisir pengangguran, Disosnaker sendiri sebutnya, melakukan berbagai kiat, salah satunya menggelar program padat karya dan program pelatihan keterampilan bagi calon pencari kerja. " Hal ini untuk meningkatkan minat masyarakat agar bekerja sendiri dan menciptakan lapangan kerja sehingga menurunkan jumlah pencari kerja,"ujarnya.
Pelatihan yang dilaksanakan itu seperti pelatihan keterampilan menjahit, slaon bagi perempuan, bengkel dan otomotif bagi laki-laki.
Selain itu lanjutnya  menggelar program padat karya yang dilaksanakan disejumlah kecamatan. Tahun ini program padat karya akan dilaksanakan di 7 lokasi, dan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 700 orang.( isa ) 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT