Kuansing Juara III Festival Gasing se-Riau

Kuansing Juara III Festival Gasing se-Riau
berbagai bentuk Gasing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - 5 orang yang tergabung dalam tim olahraga tradisional Gasing tingkat pelajar dari Kuansing berhasil meraih juara ketiga pada ajang Festival gasing se-Riau yang dilaksanakan di Pekanbaru, Minggu ( 26/5) lalu. 5 orang yang mengharumkan nama Kuanisng tersebut maisng-masing Rahmat Ramadan Sukarmis, Rezki Syahputra Syafri dari SMAN 1 Teluk Kuantan, Vicky, Rahmat Gusrandah dan Egi dari SMAN Sentajo Raya dan  official dari Pemkab, Syafri Efendi.

Tim dari Kuansing harus puas menempati juara ketiga setelah diputaran semifinal ditundukkan tim dari Pelalawan melalui pertandingan yang sangat ketat dan menegangkan.  Sebelum Pelalawan memastikan majuke putaran final, kedua tim lima kali menuai hasil imbang di semifinal tersebut, sehingga harus diadakan adu tos (losit). Ramadan Sukarmis yang didapuk melakukan losit namun dua kali alami kegagalan dan terpaksa harus mengakui keunggulan wakil Pelalawan.

Festival Gasing se-Riau yang pertama kalinya digelar diikuti 10 kabupaten/kota. Keluar sebagai juara pertama adalah Pelalawan, dan disusul Siak, Kuansing dan Dumai. Tim dari Kuansing berhak atas piala dan uang pembinaan.

"Alhamdulilah, kita berhasil juara ketiga di tingkat provinsi pada lomba Gasing yang dilaksanakan di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing Maifadal Muin SSos MM melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Drs Yulizar Musri MM kepada wartawan, Rabu (29/5) lalu.

Yulizar yang didampingi Syafri Efendi dan Endrizal mengaku puas dengan hasil ini. Karena Gasing yang sudah lama ditinggalkan para pemuda di Kuansing ini mampu berprestasi d tingkat provinsi. "Luar biasa semangat yang mereka miliki untuk daerah ini. Karena provinsi telah mengagendakan akan rutin melaksanakan festival ini, kedepan, pihaknya akan mencoba melaksanakan kegiatan yang sama di tingkat kecamatan, dan kabupaten. "Ini akan kita rancang," katanya. ( isa )

Berita Lainnya

Index