Raskin. ( ktc )

Raskin Diselewengkan, Laporkan ke Pemkab

Kamis,23 Mei 2013 - 08:48:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

Masyarakat Diminta Bantu Awasi Penyaluran Raskin
TELUK KUANTAN - Agar beras warga miskin ( Raskin ) benar-benar sampai ketengah-tengah mereka yang membutuhkan, Pemkab Kuansing berharap peran serta seluruh elemen masyarakat mengawasi penyalurannya hingga ke penerimanya.
" Kalau ada permasalahan tolong disampaikan ke Pemkab, Kami akan telusuri, Karena  Pemkab berharap Raskin benar-benar sampai ke mereka yang berhak. Karena Raskin memang ditujukan untuk warga yang benar-benar membutuhkannya,"ujar Kabag  Ekbang Setda Kuansing, Hendriyanto,SE, M.Si, Selasa ( 21/5 ) yang lalu di ruang kerjanya.
Sebab ujar Hendriyanto, agar masyarakat penerima atau istilah teknis nya rumah tangga sasaran ( RTS ) tidak diberikan beban tambahan saat menerima Raskin,  Pemkab Kuansing mengalokasikan dana
operasional untuk penyaluran Raskin hingga ke RTS.
Dirincikan Hendriyanto, biaya opersional tersebut mulai dari biaya angkut Raskin saat tiba di kecamatan hingga ke gudang penyimpanan. " Kan Raskin tiba dari Bulog, saat tiba Kita berikan upah bongkar dan menimbun di gudang sekaligus sewa gudang,"ujarnya.
Bahkan ujarnya, Pemkab juga menyediakan dana untuk sewa angkut Raskin ke ke desa-desa, termasuk saat upah buruh angkut dari gudang penyimpanan ke mobil yang akan mengangkut ke desa. " Tidak hanya itu saat tiba di desa pun saat diturunkan juga diberikan dana untuk pengangkutannya. Sedangkan untuk penyaluran ke rumah penduduk juga ada uang makan bagi petugas dan bisa dikutip Rp 500 per warga, ini tekad Pemkab agar penerima tidak dibebankan lagi dengan dana lain-lain sehingga membebani mereka,"ujarnya.
Dengan adanya dana operasional ini ujarnya, maka Pemkab berharap pengawasan berlapis dari masyarakat. Karena itu bagi warga masyarakat yang mengetahui terjadinya penyimpangan agar segera melaporkannya ke Pemda Kuansing agar dapat cepat dan segera ditangani.

Sebab ujarnya, dengan berbagai ketebatasan tentu saja Pemkab tidak dapa mengawasi seluruh tahapan penyaluran Raskin hingga ke penerima, oleh sebab tu peran masyarakat memang sangat dibutuhkan sekali. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT