( bightink/okezone.com/ktcf )

Foto Bukti Air Pernah Mengalir di Mars

Sabtu,04 Mei 2013 - 03:50:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

CALIFORNIA - Melalui bantuan robot National Aeronautics and Space Administration (NASA), Curiosity, tim ilmuwan meyakini bahwa Mars pernah mengandung unsur air. Sebuah foto yang ditangkap Curiosity menunjukkan bahwa air pernah mengalir di planet merah tersebut.

Dilansir Bigthink, Selasa (30/4/2013), September lalu, rover Mars Curiosity menemukan bukti aliran air di Mars. Ini diklaim oleh NASA sebagai penemuan ilmiah paling signifikan melalui foto yang ditangkap robot canggih berpenggerak enam buah roda tersebut.

Air ini ditemukan dalam bentuk es di lapisan kutub planet. Selain itu, peneliti juga percaya adanya uap air yang hadir di atmosfer Mars.

NASA meyakini bahwa air di Mars pernah mengalir pada ribuan atau mungkin jutaan tahun lalu. Sebuah foto yang ditangkap Curiosity mampu meyakinkan tim ilmuwan NASA bahwa Mars kemungkinan memiliki semacam sungai yang mengalir di permukaan Mars.

Pada awal 2013, studi terbaru yang dilakukan peneliti dari Brown University menunjukkan bahwa Mars pernah memiliki dasar sungai kuno. Peneliti menemukan jaringan dari pegunungan sempit di kawah Mars, yang menampilkan sisa-sisa fosil dari retakan tanah.

Retakan tanah itu menunjukkan bahwa air pernah mengalir di Mars. Penelitian ini menambah bukti baru terkait Mars yang memiliki hidrologi aktif. ( bightink/okezone.com/ktcf ) 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT