Pemprov Riau Bangun Jalan Bebas Hambatan Di Siak, Alokasi Dana Capai Rp 75 M

Pemprov Riau Bangun Jalan Bebas Hambatan Di Siak, Alokasi Dana Capai Rp 75 M
Ilustrasi. Net


SIAK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan pelebaran jalan bebas hambatan di Simpang Buatan, Jembatan Teluk Masjid, Kabupaten Siak. Dana yang dialokasikan untuk membangun jalan sepanjang 77 kilometer ini mencapai Rp75 miliar.
Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, saat meninjau di Jalan Simpang Buatan Siak, mengatakan jalan ini menjadi jalan bebas hambatan (highway) Jalan Pekanbaru-Siak. Meski merupakan wewenang nasional, pemerintah daerah turut membangun dengan memperlebar jalan.
"Jadi kami buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang menyelesaikan. Untuk di Siak ini tahun 2025 kani masukkan, kami usahakan semaksimal mungkin sekitar Rp75 miliar," katanya, Rabu (26/6/24) melansir ANTARA.
Pemprov Riau terlebih dahulu menyurati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pelebaran jalan. Kemudian, jalan akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Riau dan Kementerian PUPR kemudian akan menyelesaikannya.
SF Hariyanto mengatakan pelebaran jalan ini dilakukan untuk menunjang Pelabuhan Tanjung Buton dan Kawasan Industri Tanjung Buton di Siak. Selain itu menjadi akses pendukung Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera Bukit Batu, jika terealisasi.
"Kami berencana membangun jembatan dari Pulau Bengkalis ke Pulau Sumatera tepatnya di Bukit Batu. Kami harus persiapkan juga akses ke sana dari Siak, kita harapkan Jalan ini bisa menyambung ke Bengkalis. Jadi dari Pekanbaru ke Bengkalis hitungan jam saja," ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permikiman Siak, Irving Kahar menyambut baik hal tersebut. Masyarakat Siak tentu akan sangat berterimakasih dengan adanya jalan tersebut.
"Siak sangat bersyukur sekali dibantu pembangunan jalan. Seperti terulang kembali waktu Pj Gubri jadi Kadis PU Riau dulu juga banyak membangun untuk Siak yakni Jembatan Sultan Syarif Hasyim Maredan, Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad syah Sungai Apit, dan Jalan Simpang Beringin hingga Simpang Maredan," ucapnya.( ktc)

Berita Lainnya

Index