DPRD Salut Kemajuan Kabupaten Bungo Jambi, Punya Bandara Dan Fasilitas Ekonomi Lengkap

DPRD Salut Kemajuan Kabupaten Bungo Jambi, Punya Bandara Dan Fasilitas Ekonomi Lengkap
Bandara Muaro Bungo

TELUK KUANTAN - DPRD Kuantan Singingi ( Kuansing) salut dengan kemajuan yang dicapai Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Padahal kabupaten Bungo sama-sama terbentuk dengan Kuansing pada tahun 1999.

Hal tersebut diutarakan anggota DPRD Kuansing, Desta Harianto usai berkunjung ke kabupaten yang berbatasan dengan Kuansing di Kecamatan Pucuk Rantau.

" Ibukota mereka Muaro Bungo luar biasa maju. Ekonomi mereka bergeliat. Mereka punya insfrastruktur ekonomi yang sudah lengkap ,"ujarnya, Sabtu ( 9/3/24).

Hotel Amaris Muaro Bungo

Mulai dari hotel berbintang, pusat-pusat perdagangan ( pasar ) besar hingga bandar udara ( Bandara).  Perbankan baik milik pemerintah dan swasta yang beroperasi disana disertai jumlah ATM yang memadai menandai kemajuan ekonomi mereka.

"  Penilaian Saya Kita tertinggal dari mereka. Kalau di Riau mereka seperti Dumai,"bebernya.

Begitu jalan-jalan utama mereka menurut Desta juga besar dan kurang dari debu. 

" Jalan-jalan utama mereka besar, mulus dan bersih. Bisa jadi karena daerah ini kurang dilalui truk-truk besar pengangkut kayu, CPO dan batubara,"paparnya.

" Kalau malam hari terasa sekali geliat yang menandakan kemajuan, lampu jalan hidup. Pasar mereka besar, fasilitas ibadah seperti mesjid juga besar-besar,"lanjutnya.

Kota Muaro Bungo dan Teluk Kuantan sama-sama berada dijalan Lintas Tengah Sumatera. Tetapi mereka dapat memanfaatkan potensi peluang itu dengan baik.

Pusat Perdagangan Kota Muaro Bungo

Menurutnya kemajuan kabupaten itu tidak terlepas dari peran swasta.  Sebab jika melihat jumlah APBD hampir sama dengan Kuansing lebih kurang 1.2 Triliun. 

" Pemdanya memberi ruang berkembang sektor swasta dengan baik. Sehingga ekonomi daerah berkembang dengan baik. Mereka tampaknya fokus ke penyiapan insfastruktur untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi dibanding acara-acara,"katanya.

Ditambah dengan perjuangan mereka ke pusat yang besar. Buktinya ada Bandara disana yang terus dikembangkan. Diantara tiga kabupaten yang berada ditengah Pulau Sumatera yakni Dharmasraya (Sumbar), Kuansing (Riau),  dan Bungo ( Jambi), Kabupaten Bungo yang punya fasilitas lengkap.

" Pembangunan bandara ini secara tidak langsung menandakan pemerintah pusat melihat kemajuan Kabupaten Bungo yang perlu didukung dengan infrastruktur transportasi yang memadai,"ujarnya.

Menurutnya Kuansing perlu melihat daerah lain disekitarnya yang terus bergerak maju dan belajar serta melakukan evaluasi dan penataan prioritas pembangunan agar tidak tertinggal dengan daerah lain.

" Apakah prioritas Kita daerah yang maju pada sektor pendidikan, pelayanan kesehatan, industri, perdagangan atau pariwisata. Sehingga daerah kita ada sektor, pembangunan yang unggul,"pungkasnya. ( nto )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index