Punya Basis Suara Di 5 Kabupaten, Peluang Sukarmis Makin Besar Lolos Ke DPR

Punya Basis Suara Di 5 Kabupaten, Peluang Sukarmis Makin Besar Lolos Ke DPR
Konsolidasi Partai Golkar di Teluk Kuantan

TELUK KUANTAN  - Peluang H Sukarmis calon anggota DPR dari Partai Golkar terpilih semakin besar. Sebab pemegang nomor urut 5 ini memiliki basis suara dilima kabupaten yang masuk dalam daerah pemilihan ( Dapil ) Riau 2 masing-masing Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuansing, Indragiri Hulu ( Inhu ) dan Indragiri Hilir ( Inhil ).

Saat ini Sukarmis menjadi anggota DPRD Riau hasil Pemilu 2019 dari Dapil Inhu-Kuansing. Dalam Pemilu 2019 lalu Sukarmis meraih 37.392 suara. Ia tercatat sebagai anggota DPRD Riau hasil Pemilu 2019 peraih suara terbanyak.

Sebagai peraih suara terbanyak anggota DPRD Riau Pemilu 2019 membuat banyak prediksi Sukarmis juga mampu meraih suara besar untuk duduk di DPR pada Pemilu 2024 ini. Ditambah sebagai mantan Bupati dan Ketua DPRD dua periode Ia dianggap punya pengalaman panjang dalam menggarap dukungan suara.

Kampanye di Desa Jake

Apalagi dalam Pemilu 2024 ini Sukarmis tidak semata mengandalkan basis utamanya Kuansing namun telah punya simpul-simpul suara dan basis dukungan di Kampar, Inhu, Inhil dan Pelalawan yang telah dibentuknya dengan kuat.

Potensi suara yang telah dibangunnya diluar basisnya akan menambah keyakinan pemilih di Kuansing untuk tidak ragu memberi suara padanya agar suara yang mereka berikan tidak terbuang percuma. Apalagi warga negeri Pacu Jalur berharap ada putra Kuansing yang menjadi penyambung aspirasi di Senayan tempat anggota DPR berkantor untuk merebut dana APBN.

Sukarmis sangat potensial menjawab keinginan itu. Karena Golkar selalu meloloskan kadernya ke DPR dari Dapil Riau 2. Pada Pemilu 2024 ini diprediksi Golkar dapat meraih dua kursi melihat Caleg-caleg yang diusung  punya basis massa yang besar.

Sukarmis bersama Rusli Zainal di Tembilahan

Selain membangun jejaring dukungan, Sukarmis juga turun langsung di luar basisnya. Di Inhu misalnya, Ia hadir di Desa Sancano Jaya Kecamatan Batang Peranap. Tokoh masyarakat Serangge Desa Sencano Jaya, Gundra Irawan menyatakan dukungannya kepada Sukarmis dengan alasan yang dinilainya tepat untuk merealisasikan aspirasi yang telah diperjuangkannya sejak 1996 lalu.

"Saya dan kami semua memutuskan berjuang bersama Pak Sukarmis untuk DPR RI dan Pak Jon Ade Nopendra untuk DPRD Riau," tegas Gundra Indrawan dalam sambutannya saat kampanye terbatas tersebut,  Minggu  (4/2/24).

Alasan Gundra, keberhasilan Sukarmis membangun Kuansing waktu jadi Bupati Kuansing tak diragukan. Pembangunannya pesat. Hingga ke pelosok negeri. Termasuk ke Desa Setiang Pucuk Rantau Kuansing, yang berbatasan langsung dengan Serangge Inhu. 

Kampanye Sukarmis di Kateman Inhil

Dukungan juga datang dari Inhil. Di Negeri Seribu Parit itu Sukarmis mendapat dukungan tokoh berpengaruh HM Rusli Zainal mantan Gubri dan Bupati Inhil serta HM Indra Muklis Adnan mantan Bupati Inhil.

Tak sebatas itu Sukarmis juga konsolidasi lansung kekantong-kantong suara yang menjadi basis tempat tinggal warga Inhil asal Kuansing seperti kota Tembilahan, Teluk Pinang Gaung Anak Serka , ungai Guntung Kateman serta Kempas Jaya.

"Kami mendukung Pak Sukarmis agar terpilih menjadi wakil rakyat Riau di DPR RI dari sini (Dapil Riau II). Mari kita dukung beliau. Semoga terpilih," ujar Rusli Zainal disela perbincangannya dengan H Sukarmis di Tembilahan, Selasa (30/1/24).

Kampanye  Sukarmis di Rengat

Sebelumnya Sukarmis bersama  Hj Septina Primawati Rusli Zainal hadir pada kampanye dialogis Sukarmis di Gedung Tengku Kelana, Tembilahan, Senin malam (29/1/2024.

Mantan Ketua DPRD Riau ini dengan lantang mendukung Sukarmis terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. 

"Mari kita dukung bersama Pak Sukarmis agar terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029," ajak Septina yang juga Caleg DPRD Riau nomor urut 1 Dapil Inhil ini.

Indra Mukhlis Adnan yang turut hadir pada kampanye itu juga mendukung pencalonan Sukarmis menuju Senayan pada Pemilu 2024 ini.

"Bagi kita, Pak Sukarmis ini tidak asing lagi. Beliau adalah sosok yang punya komitmen untuk pembangunan negeri. Dan mari kita dukung, kita bantu beliau agar terpilih menjadi anggota DPR RI pada 14 Februari mendatang," ajak Indra Mukhlis yang juga urang sumondo Kuansing ini.

Kampanye Sukarmis di Batang Peranap Inhu

Begitu juga Irfan Riadi putra Indra Mukhlis Adnan Caleg DPRD Riau nomor urut 4 Dapil Inhil juga mendukung pencalonan Sukarmis.

 "Siapa yang tak kenal dengan Pak Sukarmis. Semua Kita mengenal beliau adalah sosok yang konsisten berpolitik dan berkomitmen dalam membangun negeri. Mari sama-sama kita dukung beliau agar terpilih menjadi wakil rakyat Riau di Senayan," ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPD Golkar Kuansing, Dr Adam, SH terlebih dahulu menggalang suara untuk Sukarmis di Inhil.  Ia melakukan kerjasama  dengan sejumlah Caleg Partai Golkar untuk DPRD Riau dari Dapil Inhil  Septina Primawati dan Irfan Ariadi. Kerjasama juga dilakukan dengan Caleg Partai Golkar untuk DPRD Inhil. 

Adam juga terjun langsung ke Pulau Burung, Pulau Kijang, Kuala Enok dan kota Tembilahan memperkuat tim pemenangan Sukarmis.

Kampanye Sukarmis di Gunung Sahilan Kampar

Peluang Sukarmis juga melihat dukungan tokoh dan warga Kabupaten Kampar. Dukungan terasa dari warga yang tinggal di Teratak Buluh hingga Lipat Kain. Warga disini beranggapan jika Sukarmis duduk di DPR, jalan Nasional Pekanbaru-Teluk Kuantan-Kiliran Jao yang melintas daerah itu akan baik kondisinya.

Tokoh muda Kampar Kiri, Repol mengakui keuntungan ini. Hal itu dilontarkan Wakil.Ketua DPRD Kampar saat Sukarmis silahturahmi dengan warga dua desa di Kenegerian Lipat Kain. Karena Sukarmis tahu sekali kondisi dan keluhan warga disepanjang ruas jalan ini. 

" Karena sama halnya dengan warga Kuansing sebagian warga Kampar juga menggunakan ruas jalan ini,"katanya.

“ Jalan nasional ini kewenangan anggota DPR  memperjuangkannya.  Karena itu harapan warga disini terhadap Sukarmis sangat besar,”sambungnya.

Sukarmis telah beberapa kali diundang warga Kampar untuk silahturahmi dan kampanye. Mulai dari warga Kenegerian Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri, Desa Suka Makmur Kecamatan Gunung Sahilan dan warga di Kelurahan Sungai Pagar Kecamatan. Lalu  dengan warga Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara dan Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota.

Bersama Edwin Pratama dan tokoh Kampar di Bangkinang

Sukarmis juga mendapat dukungan tokoh-tokoh Kampar seperti anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, mantan aktivis senior Eka Sumahamid

Dalam pandangan Edwin, Sukarmis sosok yang tidak asing bagi masyarakat Kampar. Sukarmis sangat familiar disana.

Dimatanya Sukarmis sangat unik. Dia seorang politisi yang apa adanya penuh kepedulian dan empati. Sesuai dengan namanya yang bisa diartikan sulit untuk dilupakan. Siapapun yang pernah kenal Sukarmis, pasti akan sulit lupa dengan sosok serta pribadinya.

“Sukarmis itu bermakna, Sukar artinya sulit. Mis itu artinya lupa. Sukarmis, sulit untuk dilupakan. Siapapun yang sudah kenal dengan beliau, pasti akan sulit lupa pada sosok beliau,” ungkap Edwin.

Kampanye Sukarmis di  Kumantan Bangkinang Kampar

Lain hal dengan Eka Sumahami. Sukarmis selalu memperlakukan orang Kampar dengan spesial. Bahkan kata Eka, dirinya sejak dulu telah diperlakukan spesial oleh Sukarmis lantaran dirinya orang Kampar.

“Saya selalu merasa dispesialkan oleh Bang Sukarmis, beliau memanggil saya dengan ‘orang Kampar’ sini duduk dekat saya. Kampar selalu dapat tempat khusus di hati Bang Sukarmis,” ungkap Eka Sumahamid. 

Menjelang berakhirnya masa kampanye, Sukarmis melakukan konsolidasi suara di Kuansing. Disamping menghadiri sejumlah kampanye di Desa Pulau Kedundung dan Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah. ( adv )

Berita Lainnya

Index